Marrin News

Janwarin : Moral sebagai dasar Pengelolaan Pariwisata Kei

Marrin News,Langgur.- Moral adalah suatu keyakinan tentang benar salah, baik dan buruk sesuai dengan kesepakatan sosial  yang mendasari tindakan ataupun pemikiran sehingga moral merupakan nilai dari perilaku yang terjadi. Terkait dengan hal ini maka dengan adanya sektor pariwisata Kei yang sudah mendunia perlu menjadi perhatian serius dari berbagai sektor kehidupan manusia khususnya masyarakat Kei-Maluku Tenggara untuk berbuka diri dalam era global yang kompetitif ini tanpa harus meninggalkan jati diri dan budaya daerah, Pernyataan ini disampaikan salah satu wisatawan Manca Negara  Belanda berketurunan Kei-Maluku Tenggara asal Ohoi Ohoiren Kei Kecil Barat Mr. Azaria Janwarin disela-sela kesibukannya di Ohoi Ohoiren, Jumat (14/10).

Lebih lanjut Janwarin mengatakan Moral masyarakat evav diharapkan dapat menunjang semua sektor pertumbuhan masyarakat karena moral manusia dapat mengubah pola hidup yang tentu akan berkreasi dan maju dalam memenuhi kebutuhan hidup dengan tidak ada lagi pola konsumtif namun produktif.

“ Maluku Tenggara sudah semakin maju dan potensi Pariwisata akan menjawab berbagai perubahan ekonomi masyarakat dan pembangunan daerah “ jelasnya

Menurutnya Kei  memiliki  keunikan tersendiri dari segi budaya, alam dan masyarakat adat yang dianugerahi Tuhan kepada Negeri ini sehingga dengan adanya komitmen Pemerintah Daerah untuk memajukan sektor Pariwisata, maka cita-cita dan angan-angan pendahulu/orang tua-tua bahwa ada waktu perubahan Kei inilah saatnya.

Pria kelahiran Netherland ini mengatakan saat ini dirinya bersama teman-temanya telah mengunjungi beberapa lokasi, beberapa tempat makan dan minum perlu diperhatikan kebersihan karena itu moral pengelola warung/toko belum memperhatikan hal utama yaitu Toliet karena menurutnya wisatawan asing tidak akan kembali datang ke tempat tersebut ketika kebersihan tidak dijaga.

Maka sambungya Sehubungan dengan Festival Pesona Meti Kei dan diikuti Festival Nuhu Fit ini merupakan momentum yang luar biasa untuk mendorong Pariwisata daerah khususnya tamu mancanegara, dirinya menyakini bahwa walaupun blok Masela dibangun namun keindahan alam laut tidak seindah Kei dan  para wisatawan yang ada di Blok Masela pasti akan bertumpa ruah di Kepulauan Kei untuk berlibur.

Selain rumah makan Janwarin juga bersama teman-temanya telah mengunjungi Ngur Tavur, Ngur Bload, Pantai Matwaer, serta beberapa tempat lainnya sebelum kembali ke Negeri asalnya masing-masing. atas hal tersebut dirinya mengharapkan adanya sebuah pemahaman bersama bahwa Pariwisata Kei dengan Budaya dan Potensi Alam harus diperkuat dengan Moral Masyarakat serta dukungan Pemerintah Daerah. (IR_69)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar