Marrin News

Dinkes Gelar Pelatihan Pencegahan Kanker Payudara Dan Mulut Rahim

Marrin News, Langgur.- Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual HJ Bauw Intan secara resmi membuka pelatihan pencegahan penyakit kanker payudara dan mulut rahim selasa (11/10) di Aula Hotel Suita kepada 30 tenaga medis yang berasal dari 15 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Tual.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan kementrian kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) hari yang terdiri dari dua hari pelatihan teori dan dua hari terakhir merupakan pelatihan praktek guna memboboti ilmu pengetahuan para peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Intan mengatakan 2 (dua) Penyakit diantaranya Kanker leher rahim dan kanker payudara merupakan masalah besar buat perempuan dan paling berbahaya dan saat ini merupakan penyebab angka kematian tertinggi di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kepada semua peserta pelatihan agar bisa mencermati secara seksama bagaimana cara penanggulangan atau pencegahan dini terhadap penyakit kanker tersebut,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk kanker leher rahim pencegahanya dengan imunisasi sebanyak tiga kali bagi perempuan yang belum menikah atau belum pernah melakukan hubungan seksual dan Bisa diberikan sejak usia 10 tahun.

“Pencegahan berikutnya dengan melakukan pemeriksaan IVA secara berkala tiap tahun, untuk kanker payudara pencegahannya dengan melakukan Pemeriksaan payudara sendiri yang dilakukan tiap bulan setelah selesai menstruasi sekitar hari ke 7 sampai hari ke 10 menstruasi,” jelasnya.
Disarankannya, agar Ibu-ibu melakukan skrining kanker servisk secara rutin dengan berkonsultasi atau sekaligus pemeriksaan di PKM setempat.
Diharapkanya Melalui kegiatan ini para Ibu tergerak hatinya untuk melakukan pemeriksaan di Pusat Kesehatan Masyarakat yang ada di wilayah masing - masing.
"Mereka ini dilatih untuk menangani kanker payudara, kanker mulut rahim secara dini untuk persiapan menangani pencegahan dini di semua desa diKota Tual" imbuhnya

Hadir sebagai pemateri Dr .Yudi Mulyana Hidayat SpOGk, Ketua POGI Jawa Barat, Ketua II   Himpunan Onkologi Binekologi Indonesia (HOGI ).

Pada kesempatan yang sama kepada wartawan Dr. Yudi Mulyana Hidayat SpOGk mengatakan terjadinya kanker leher rahim dan kanker payudara lantaran tidak menjaga pola hidup yang benar dan kurangnya mengkonsumsi vitamin C  dan E.
Untuk itu dirinya menghimbau kepada seluruh kaum hawa agar tetap menjaga pola hidup sehat dan lakulan pemeriksaan rahim dan payudara guna dilakukan pencegahan dini. (Team).

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar