Marrin News

156 Karnaval Dengan Melibatkan 3000 Peserta Meriahkan FPMK

Bupati Maluku Tenggara Ir Anderias Rentanubun
Saat Melepas Peserta Karnaval
Marrin News, Langgur.  Setelah dibuka Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf Pada Sabtu (1/10) di Ohoi Revav Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara, sejumlah rangakaian kegiatan saat ini telah digelar dalam memeriahkan Festival Pesona Meti Kei (FPMK) Met Ef atau Pasang Surut Terendah yang diagendakan mulai dilaksanakan pada tanggal 8-22 Oktober 2016.
Pantauan wartawan  pada kegiatan awal yang digelar di depan Kampus sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Langgur yang dimeriahkan oleh 3000 peserta yang terdiri dari 156 kelompok Karnaval dilepas oleh Bupati Maluku Tenggara Ir.Anderias Rentanubun Pada Sabtu (08/10).
Peserta karnaval masing masing menampilkan beragam tarian-tarian sakral serta nyanyian Adat Kepulauan Kei selain itu peserta juga menampilkan ratusan budaya dan kearifan lokal Kabupaten Maluku Tenggara yang dijuluki bumi Larvul Ngabal.
Nyanyian Dan Tari yang disajikan dalam Karnaval diantaranya tutuk warwar (Nyanyian Sakral) kerbau siw, tarian adat Enaha atau ikan bulana dengan tutuk warwar, tarian rubay kufrek, tarian belan, tarian warwarut foi fangfoak fee atau tarian ritual saat bercocok tanam atau bameti, Tarian Uve atau buaya, tarian sawat dan Sosoi, Tarian Tabob Atau Penyu Belimbing dan ratusan tarian adat lainya, selain itu juga Karnaval menampilkan tari tarian adat yang berasal dari kabupaten, Kepulauan Aru, Maluku Tenggara barat, Kota Ambon, Toraja Serta Ethnis lainya yang berdomisili di kepulauan Kei.  
Tampak Peserta Karnaval Yang Menampilkan Tarian (Tutuk warwar) Kerbau Siuw
Karnafal juga di meriakan dengan drum band SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di lingkup Pemerintah Daerah Maluku Tenggara selain itu Karnafal juga menampilkan hasil pangan daerah kei, hasil-hasil laut, rumah adat kei, para peserta karnafal selain mempelihatkan budaya dan kearifan lokal bumi larvul ngabal juga memperlihatkan kebersamaan antar umat beragama dengan filosofi ain ni ain.
Acara Karnaval tersebut bukan hanya sebagai rangkaian kegiatan FPMK namun sekaligus memeriakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Langgur yang ke 5, Karnaval tersebut selain dihadiri para tamu undangan, masyarakat malra dan kota Tual juga menarik perhatian ratusan wisatawan manca negara.
Terlihat peserta Karnaval melakukan Long March  dimulai dari kampus STIA Langgur dan berakhir di Stadion Maren Langgur Tersebut mendapat respon dan antusias dari ribuan warga kei yang terlihat membanjiri jalanan utama kota langgur untuk dapat menyaksikan secara langsung pagelaran adat kei. (Ivo)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar