Marrin News

Pemuda Malra Siap Sukseskan Festival Pesona Meti Kei

Usman Renur ST.MT
Langgur- Festival Pesona Meti Kei yang akan dilaksanakan di Kabupaten Maluku Tenggara pada tanggal 8-22 oktober 2016 merupakan event penting dalam upaya mempromosikan destinasi wisata baru bagi  wisatawan dalam negeri maupun luar negeri sehingga Event ini menjadi penting karena bertepatan dengan penganugerahan Kepulauan Kei sebagai Juara-I kategori ‘Surga Tersembunyi  Terpopuler ‘(Most Populer Hidden Paradise) dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016 beberapa waktu lalu. Sehingga Tabir Surga Tersembunyi itu bisa dapat terlihat dan dikenali di nusantara maupun  manca Negara, untuk menyukseskan kegiatan akbar ini kami Pemuda siap mendukung pelaksanaan Festifal Pesona Meti Kei ungkap Ketua Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia  Kabupaten Maluku Tenggara Usman Renur ST.MT kepada media ini Sabtu 24/09.

Disampaikanya Event yang direncanakan menjadi agenda tahunan ini tidak hanya mempromosikan keunikan fenomena alam berupa ‘meti kei’ serta keindahan panorama ‘surga tersembunyi’ tetapi sekaligus turut melestarikan kearifan lokal masyarakat di kepulauan kei lewat rangkaian festival kegiatan yang digelar nantinya.

Menurutnya ‘Festival Pesona Meti Kei ‘yang baru pertama kali digelar ini tentunya harus didukung oleh pemuda sebagai ‘agent of change’ yang memiliki semangat perubahan. Semangat dalam mendorong perubahan paradigma dari yang mulanya “memunggungi” laut untuk kembali melihat ke laut sebagai potensi yang harus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat di kepulauan kei.

“ ‘Melautkan Pemuda’ merupakan jargon yang tepat untuk melihat kei sebagai gugusan kepulauan dalam konteks kekinian,Sehingga Kepulauan Kei Sebagai daerah kepulauan dengan garis pantai yang panjang serta memiliki kekayaan ekosistem pantai dan laut merupakan anugerah yang harus tetap dilestarikan” jelasnya

Sehingga melalui pelaksanaan ‘Festival Pesona Meti Kei’ ini diharapkan bukan hanya untuk kepentingan promosi saja, tetapi sekaligus juga untuk menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem pantai khususnya terumbu karang.

“ Hal ini penting untuk menjadi perhatian Panitia Pelaksana ‘Festival Pesona Meti Kei’” urainya.

Lebih Lanjut Renur mengatakan Pelaksanaan Festival Pesona Meti Kei secara berkelanjutan harus dapat memberikan ‘Multiplier Efect’  bagi pengembangan pariwisata di kepulauan kei yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang menghuni ‘Surga Tersembunyi’ di kepulauan kei. Sehingga dengan Ketersediaan dana, kerja keras dari panitia pelaksana dan pemerintah daerah tentunya harus diberikan apresiasi dan perlu didukung oleh semua kalangan khususnya pemuda dengan berpartisipasi aktif sekaligus mengontrol pelaksanaan festival tersebut agar sesuai dengan yang diharapkan.

Dijelaskanya Kesiapan masyarakat serta pelaku wisata khususnya pada lokasi kegiatan festival di desa/ohoi perlu juga harus menjadi perhatian  Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara khususnya dinas terkait. Pemberdayaan dan peningkatan kesadaran masyarakat lokal dalam pengembangan pariwisata yang berbasis komunitas (Community Based Tourism) merupakan upaya yang perlu dilakukan guna meningkatkan sumber daya serta menjaga kearifan lokal dan kelestarian lingkungan setempat. Sehingga dalam menjelang event seperti ‘Festival Pesona Meti Kei’ ini nantinya, masyarakat lokal sudah bisa lebih siap dalam menyambut wisatawan yang berkunjung.

Tokoh Pemuda ini mengharapkan agar ada kerja sama yang baik antar SKPD di lingkup Pemkab Malra maupun Pemerintah Kota Tual merupakan hal penting dalam mensukseskan event ‘Festival Pesona Meti Kei’ Karena pengembangan pariwisata tidak mengenal batas wilayah dan sektoral atau ‘borderless’. Maka Dengan kerjasama yang baik dan mengesampingkan ego sektoral dan ego pemerintahan diharapkan pelaksanaan ‘Festival Pesona Meti Kei’ bisa lebih meriah dan menggema dari waktu ke waktu


’’ Kita berbeda pemerintahan tapi kita berada dalam surga yang sama yakni kepulauan kei dan memiliki satu wilayah adat yang sama yakni adat kei. Karena pada prinsipnya ‘Kei adalah Kunci’ (Kei Is The Key) yang menyatukan kita” Pintanya (Ivo).

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar