Marrin News

Komandan Lanal Minta Aktualisasi Trisila Dilaksanakan Jajaranya

Pemotongan Tumpeng Oleh Danlanal Letkol (P) Hartanto
Nugroho, SE,MM 
Tual.-Pada tanggal 10 September 1945 telah ditetapkan sebagai hari jadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL). Moment ini mengingatkan kita akan sejarah Perjuangan TNI – AL kepada Negara dan Bangsa.

Melalui HUT TNI AL ke – 71 ini, segenap Perwira, Bintara,Tamtama dan segenap pegawai negeri sipil jajaran TNI AL di Pangkalan TNI AL Tual dituntut untuk lebih profesional dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan masyarakat.
Sejarah mencatat bahwa TNI AL senantiasa berkontribusi pada upaya mewujudkan tujuan nasional khususnya dibidang pertahanan. Untuk menunjukan komitmennya, Dengan tema peringatan hari ulang tahun TNI AL

“Melalui aktualisasi Nilai – Nilai Trisila, kita tingkatkan pencapaian tugas – tugas TNI AL dalam mendukung pembangunan nasional” tema ini bukan hanya sebuah pernyataan semata tetapi harus dipahami dan dilaksanakan subtansinya oleh seluruh jajaran TNI AL. Hal ini disampaikan Komandan Lanal Tual Letkol Laut (P) Hartanto Nugroho,SE,MM kepada Wartawan,usai Upacara Peringatan Hut TNI AL ke – 71 Selasa (14/9) kemarin.

Lebih Lanjut Dikatakanya Trisila TNI AL yakni disiplin, hierarki dan kehormatan militer, adalah nilai luhur yang telah kita jadikan pedoman dalam berfikir, bertutur dan bertindak baik sebagai personel TNI AL, maupun sebagai pribadi anggota masyarakat. Olehnya itu, dengan dilandasi ketiga nilai tersebut,tugas – tugas TNI AL dapat dilaksanakan dengan baik dan profesional oleh setiap individu atau secara kolektif.

Keberhasilan pelaksanaan semua bentuk tugas yang dimandatkan negara secra langsung akan mendorong tercapainya tujuan pembangunan nasional terutama mendukung kebijakan pemerintah saat ini,lebih khusus lagi kebijakan pemerintah daerah Maluku Tenggara dan Kota Tual Ungkapnya.
Menyoal tentang tugas dan fungsi Lanal Tual, dalam menjaga Wilayah Bahari di Malra dan Kota Tual, ditegaskanya untuk lebih meningkatkan fungsi pengawasan dari prajurit TNI AL yang ada di Lanal Tual,maka pihaknya telah membangun pos – pos pengawasan dibeberapa titik, baik itu diwilayah Kabupaten Malra dan Kota Tual.

untuk wilayah kota Tual, pos pengawasan ditempatkan di desa Tayando Yamtel Kecamatan Tayando Tam sementara di Kabupaten Malra, pos pengawasan ditempatkan di Kecamatan Kei Besar dan Ohoi Danar Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, namun masih menunggu hasil survei karena berhubungan langsung dengan pasang surut air laut” Jelasnya

Dalam Upacara Tersebut bertindak selaku Inspektrur Upacara Komandan Pangkalan TNI AL Danlanal Tual Letkol Laut (P) Hartanto Nugroho, Komandan Upacara Kapten Laut (S) M. Ali Imran Z.R . tamu undangan yang hadir antara lain Unsur Muspidah Kabupaten Malra dan Kota Tual, Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs Yunus Serang, Sekda Kota Tual Adli Banjar, Para Komandan TNI- Polri, Para Pensiunan TNI AL serta Undangan lainnya.(MN)


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar