Marrin News

Besok, Walikota Pimpin Pemasangan Tiang Alif Masjid Agung AL-Hurriyah

Moh M Kabalmay (Ketua Panitia Pelaksana)
Tual.- Walikota Tual Adam Rahayaan S.Ag di Agendakan akan membuka Dan Memimpin acara  Pemasangan Tiang Alif Masjid Agung Al-Hurriyah 45 Kota Tual pada Besok Hari, Rabu (14/09). kepada wartawan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Moh Mashuri Kabalmay membenarkan hal tersebut, dijelaskanya sebelum dipasang, tiang alif terlebih dulu diarak Arakan sebagai simbol kebersamaan, silahturahmi sekaligus menjaga Kearifan Budaya Lokal dengan filosofi Ain Ni Ain.  

”sebelum di dipajang pada kuba Mesjid, tiang alif terlebih dahulu diarak di dalam Desa Tual dengan rute dari ujung Desa Tual kiom bawa PLN lama hingga ke Masjid Agung Alhurriyah  sebagai simbol kebersamaan,memupuk  silahturahmi antar umat beragama dan meningkatkan kearifan budaya local dengan filosofi Ain Ni Ain” Jelas Kabalmay Selasa (13/09).

Lebih Lanjut Kata Kabalmay setelah arak-arakan Tiang Alif sampai ke lokasi masjid kemudian di buka dengan pembacaan Kalam Ilahi dan dilanjutkan dengan laporan ketua panitia  dan Sambutan Wali Kota Tual Adam Rahayaan selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid Agung  Al-Hurriyah 45 Kota Tual.

Dikatakanya sebelum pemasangan walikota Tual Adam Rahayaan S.Ag Selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid Agung Al-hurriyah 45 Kota Tual akan menyerahkan Tiang Alif kepada Imam Masjid Agung Tual Ahmad Kabalmay S,Pd yang di damping oleh Tokoh Adat Riin Faam Tual diantaranya Riin Fam Tamnge, Riin Faam Kabalmay, Riin Faam Renwarin Kabakoran dan Riin Faam Tamher.


Setelah itu lanjut Kabalmay tiang alif kemudian dibawa menuju kubah masjid dengan lantunan Shalawat dan Takbir kemudian Tiang Alif tersebut akan dipasang pada Kubah Masjid  dengan lantunan Azan. (ivo)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar