Marrin News

Sarat kepentingan, Penyusunan Perangkat Ohoi Madwat Dirombak

Plt. Camat Dan Pejabat Ohoi Minta Dicopot
Surat Rekomendasi Marga Resmi Yang diberikan
Kepada PJ ohoi yang diduga Diganti
Tual.- Rencana pelantikan pengurus Ohoi Madwat Kecamatan Hoat Sorbay Kabupaten Maluku Tenggara untuk yang kedua kali akhirnya lagi-lagi dibatalkan akibat adanya dugaan kuat spekulasi kepentingan pihak-pihak tertentu yang tidak seiring sejalan dengan keinginan masyarakat setempat.
Sesuai hasil pantauan wartawan di Ohoi Madwat 30/08 kemarin menyebutkan, persiapan pelantikan perangkat pengurus Ohoi Madwat yang sedianya dilakukan justru akhirnya dibatalkan kendati kepala BPMPD yang mewakili Bupati Malra telah hadir di lokasi acara pelantikan.
Warga masyarakat yang dimintai keterangan menyebutkan, penyebab dibatalkannya proses pelantikan tersebut dikarenakan terjadi perubahan yang cukup signifikan dalam struktur yang diajukan oleh masyarakat yang telah disahkan oleh kepala BPMPD Malra.
Menurut warga, struktur pengurus Ohoi (Desa-red) yang telah disahkan oleh BPMPD telah terpenuhi asas perimbangan dan serta profesionalisme sehingga bisa menjawab kebutuhan pembangunan Ohoi kedepan namun sayangnya struktur perangkat yang telah disahkan tersebut diduga secara diam-diam telah dirubah secara sepihak oleh Camat Hoat Sorbay dengan alasan yang tidak jelas.
Warga yang enggan dikorankan namanya tersebut menuturkan, sesungguhnya persoalan struktur itulah yang menjadi penyebab dibatalkan proses pelantikan pertama pada beberapa bulan lalu sehingga pihak BPMPD menganjurkan agar penyusunan struktur perangkat Ohoi itu dikembalikan untuk disepakati bersama oleh masyarakat sehingga berdasarkan petunjuk tersebut, setiap kepala marga di Ohoi Madwat telah merekomendasikan stuktur perangkat Ohoi yang dianggap netral, berimbang dan proporsional setelah itu rekomendasi tersebut telah diajukan secara resmi ke BPMPD melalui kantor kecamatan sehingga telah disahkan oleh Kepala BPMPD namun ironisnya, pada saat proses pelantikan kedua yang sedianya dilakukan (Selasa 30/08) kemarin akhirnya mendapat reaksi keras dari masyarakat akibat terjadi perubahan sepihak di dalam struktur perangkat Ohoi yang dinilai tidak transparan dan sarat dengan kepentingan pihak-pihak tertentu tanpa mempertimbangkan keutuhan dan kepentingan Ohoi Madwat.
Masih Berdasarkan hasil pantauan Jurnalis dilapangan menyebutkan, kepala BPMPD Malra, Andi Savsav saat berada dilokasi pelantikan menyatakan kekecewaan karena sejumlah nama yang terdapat dalam Surat Keputusan pengurus Ohoi Madwat yang hendak dilantik ternyata tidak sesuai dengan struktur perangkat Ohoi yang telah disahkan berdasarkan rekomendasi para kepala marga di Ohoi Madwat tersebut.
Kepada wartawan masyarakat Ohoi Madwat meminta agar Bupati Maluku Tenggara segera mencopot PLT. Camat Hoat Sorbay H. Fatah Renhoran dan pejabat kepala Ohoi Madwat Ida Rahayaan karena dinilai selain tidak becus menjalankan fungsinya, PLT.Camat dan Pejabat kepala Ohoi juga tidak menggunakan fungsinya untuk membangun dan memperbaiki perbedaan pemahaman yang terjadi di masyarakat Ohoi Madwat tetapi justru PLT Camat dan Pejabat Kepala Ohoi sengaja memperuncing selisih paham yang terjadi di Ohoi Madwat.
Selain itu, kehadiran anggota TNI yang berasal dari Kodim 1503 yang sengaja didatangkan oleh pihak kecamatan dalam rangka pengamanan proses pelantikan, warga menduga kuat  sebagai upaya menakut-nakuti warga oleh camat Hoat Sorbay agar memuluskan kepentinganya dalam melakukan perubahan struktur perangkat Ohoi yang berhasil dibatalkan oleh masyarakat.(NS-DT)


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar