Marrin News

Bakamla Tual Sosialisasi Tugas dan Fungsi kepada Nelayan

 

Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Stasiun Bakamla Tual mengadakan Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Pengelolaan Informasi Hukum serta Kerjasama dalam Keamanan dan Keselamatan laut Kota Tual Maluku Tenggara serta Kegiatan Bakti Sosial Pembagian Sembako untuk Warga Nelayan, dalam rangka memperingati HUT Badan Keamanan Laut Republik KE-18 Tahun 2023, Selasa (21/11/2023).

Kepala Stasiun Bakamla Tual Mayor Bakamla Rizal Ufer Suat, S.Pi mengatakan, dirinya bersama seluru Personel Stasiun dan Catamaran – 507 melakukan kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk Pengenalan Tugas dan Fungsi Bakamla RI dan Pengenalan Stasiun Bakamla Tual.

“Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Pengelolaan Informasi Hukum serta Kerjasama dalam Keamanan dan Keselamatan laut Kota Tual Maluku Tenggara ini sebagai pengenalan tugas kami untuk masyarakat dan agar lebih dipahami oleh warga.”

Sementara itu, dalam sosialisasi Letda Bakamla Nomo Haga, S.Kom menambahkan, dalam menjalankan tugas pokok, Bakamla RI di perairan Indonesia, Bakamla tidak dapat bekerja sendiri maka perlu adanya dukungan dari pemangku kepentingan maupun masyarakat. Tugas Bakamla RI ialah melakukan patroli Keamanan dan Keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah akurasi Indonesia.

“Fungsi Bakamla ialah Menyusun kebijakan nasional di bidang keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah Indonesia, menyelenggarakan sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah akurasi Indonesia. Melaksanakan penjagaan, pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah mengaku Indonesia Menyinergikan dan memonitor pelaksana patroli perairan oleh instansi terkait. Memberikan dukungan teknis dan operasional kepada instansi terkait, Memberikan bantuan pencarian dan solusi di wilayah perairan Indonesia dan wilayah Indonesia, Melaksanakan tugas lain dalam sistem perlindungan nasional.”

Sementara itu, Letda Bakamla Bima Haryo, S.Kom, salah satu nara sumber dari Bakamla Tual juga mengatakan, Di tual ini ada SPKKL / Stasiun Bakamla Tual sebagai unit kerja pemantauan untuk keamanan dan keselamatan laut, wilayah pantauannya dari setengah laut Banda selatan, sampai setengah laut aru timur, dari perairan kaimana sampai laut aru tengah, termasuk didalamnya laut kep. Kei, kepulauan Aru, dan Kepulauan Tanimbar.

“Tugas fungsi Stasiun Bakamla Tual dalam mengawasi pergerakan kapal yang memasuki wilayah perairan Tual melalui sistem pemantauan yang dimiliki oleh Bakamla dengan sistem pendeteksian berbasis AIS dan alut yang siap digerakkan dalam menunjang Keamanan di perairan yakni Catamaran – 507 yang sedang bersandar di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual.”

Selain sosialisasi terkait pengenalan tugas dan fungsi Bakamla, juga dilaksanakan Bakti Sosial Pembagian Sembako untuk Warga Nelayan Kota Tual Maluku Tenggara Dalam Rangka Memperingati HUT Badan Keamanan Laut Republik KE-18 Tahun 2023.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar