Marrin News

Dinilai Komitmen, Kota Tual Terima Penghargaan UHC Award 2023

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian (kiri) menyerahkan piagam penghargaan UHC Award 2023 kepada Wali Kota Tual Adam Rahayaan (kanan) di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023). Foto: istimewa.


Penulis | Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Pemerintah Kota Tual menerima penghargaan Universal Health Coverge (UHC) Award 2023 dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. 

Penghargaan tersebut diterima, lantaran Kota Tual berhasil mencapai cakupan jaminan kesehatan masyarakat. Pemerintah Kota Tual juga dinilai memiliki komitmen terhadap derajat pelayanan kesehatan.

Hal itu disampaikan Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Pemkot Tual, Muchsin Ohoiuf dalam keterangan tertulis kepada MARRINnews.com, Selasa (14/3/2023).

"Atas komitmen dan kepedulian Pemkot Tual dalam penganggaran dan mengikutsertakan lebih dari 95 persen penduduk sebagai peserta BPJS Kesehatan, hari ini Pak Wali Kota menerima penghargaan (UHC Award) dari Pemerintah RI," tulis Muchsin.

Muchsin lanjut menyebut, sebanyak 99,37 persen penduduk Kota Tual sudah terdaftar sebagai peserta program BPJS Kesehatan. Cakupan tersebut lantas menghantar Kota Tual meraih UHC Award.

Selain Kota Tual, penghargaan serupa juga diberikan kepada 80 kota lainnya, termasuk 254 kabupaten dan 21 provinsi se-Indonesia.

Untuk Kota Tual, penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Wali Kota Tual Adam Rahayaan.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin hadir dalam momentum tersebut. Ia didampingi sejumlah menteri. Ada juga Direktur Utama BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional. 

Adapun acara penyerahan penghargaan UHC Award 2023 berlangsung di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023). 

"Wapres atas nama negara menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah mendukung program pemerintah pusat dalam peningkatan layanan kesehatan," kata Muchsin sebagaimana disampaikan Wapres Ma'ruf Amin saat itu.

Untuk diketahui, UHC Award 2023 diberikan Pemerintah RI sebagai bentuk apresiasi telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Program ini sendiri merupakan program strategis nasional untuk mendorong terwujudnya cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar