Marrin News

Atlet hingga Pelatih Malra di Popmal IV Terima Bonus Total Rp306,8 Juta

Potret Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun bersama Atlet-Atlet Maluku Tenggara peraih medali pada Popmal IV 2022 di Ambon. Momen ini berlangsung pada acara penerimaan kembali dan ramah tamah atlet Popmal IV sekaligus penyerahan bonus bagi atlet berprestasi, di Aula Kantor Bupati, Senin (12/12/2022). Foto: Galeri MTH

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Para atlet Maluku Tenggara yang menorehkan prestasi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV Ambon 2022 mendapatkan bonus dengan total Rp306,8 juta. 

Bonus dari Pemerintah Daerah Maluku Tenggara ini juga diberikan kepada pelatih atlit peraih medali.

Besaran bonus yang diterima para atlet dan pelatih pun bervariasi. Khusus untuk atlet peraih emas diberi Rp10 juta, perak senilai Rp5 juta dan perunggu sebesar Rp2,5 juta.

Sementara untuk pelatih cabor peraih emas senilai Rp3 juta, perak Rp1,5 juta dan perunggu Rp750 ribu.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, telah dialokasikan Rp306.800.000. Tentu jumlahnya tidak besar, namun ini bentuk apresiasi dan penghargaan kami (Pemkab Malra) kepada para atlet yang telah berjuang mengharumkan nama daerah termasuk para pelatih yang telah membina atlet-atletnya," ungkap Bupati Malra M. Thaher Hanubun pada acara penerimaan kembali dan ramah tama atlet Popmal IV 2022, di Aula Kantor Bupati Malra, Senin (12/12/2022).

Diketahui, Kabupaten Maluku Tenggara berhasil meraih peringkat keempat dalam multi event Popmal 2022 di Ambon pada 17-27 November 2022 dengan perolehan total medali sebanyak 46 kepingan. Kepingan medali tersebut terdiri dari 12 emas, 9 perak dan 25 perunggu.

Ketua Kontingen Malra Bernardus Rettob menyebut, Maluku Tenggara sebelumnya menargetkan 36 medali emas dari 14 cabang olahraga yang diikuti.

Meski begitu, diketahui target tersebut tidak terpenuhi. Maluku Tenggara hanya mengantongi 12 emas.

"Dari 14 cabor, hanya satu cabor yang melampaui target yakni renang. Dimana semula menargetkan dua emas, namun pada Popmal IV berhasil menyabet lima emas," kata Rettob dalam laporannya.

Sementara dua cabor yang memenuhi target, lanjut kata Rettob, yakni wushu (tiga emas) dan Basket (satu perak.

Adapun Bupati Malra M. Thaher Hanubun telah menyerahkan bonus kepada para atlet secara simbolis dalam acara penerimaan kembali dan ramah tamah atlet Popmal IV 2022, yang digelar di Aula Kantor Bupati Malra, Senin (12/12/2022).

Capaian Popmal IV harus Dievaluasi

Bupati Malra M. Thaher Hanubun kembali mengungkapkan bahwa Maluku Tenggara ikut dalam 14 cabor dari 17 cabor yang dipertandingkan. Hasilnya, Maluku Tenggara finish di peringkat keempat dengan mengantongi 12 emas, 9 perak dan 25 perunggu.

Bupati bilang, capaian tersebut jauh dari target yang ditetapkan. "Sehingga hasil ini menjadi bahan evaluasi penting bagi KONI, Pemerintah daerah, pengurus cabor dan seluruh elemen olahraga untuk lebih berhati-hati seraya lebih giat dan tekun menyiapkan atlet-atlet kita," ujar Thaher.

Bupati mengklaim, beberapa cabor prioritas dan unggulan tidak mampu berbuat banyak. Seiring itu, dia katakan, kabupaten/kota lain terus berpacu menyiapkan atletnya agar lebih baik.

"Kualitas atlet, pelatih dan sarana prasarana semakin merata di setiap kabupaten/kota. Ini tentu menjadi tantangan sekaligus motivasi bersama bahwa menyiapkan atlet harus dilakukan dengan tekun dan berkelanjutan," kata Thaher.

Bupat juga menyoroti soal atlet berprestasi asal Maluku Tenggara yang mewakili kabupaten/kota lain pada Popmal IV kemarin. Bahkan atlet-atlet tersebut berhasil menyumbangkan medali bagi daerah yang diwakilinya.

"Banyak atlet kita yang dulunya  berprestasi membawa Maluku Tenggara dalam beberapa event, namun pada saat Popmal IV kemarin justru mewakili         dan menyumbangkan medali bagi  kabupaten/kota lain. Fenomena ini juga perlu dievaluasi," ungkap dia.

Dengan kondisi itu, Bupati lantas berharap sistem pembinaan, pengawasan dan pengendalian bisa diperbaik.

"Kunci utamanya adalah pendekatan yang humanis dan memastikan bahwa Maluku Tenggara memberikan jaminan yang lebih baik bagi atlet-nya," tegas Thaher. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar