Marrin News

Maluku Tenggara Sabet Gelar Juara Umum Pesparani IV Maluku, Berikut Daftar Lengkapnya

Ketua LP3KD Maluku Tenggara Tom Reyaan tampak sedang mengangkat trophy bergilir juara umum yang diraih Kabupaten Maluku Tengara pada Pesparani IV Maluku di Kota Tual. Foto: Ichat Ohoira-Bag Prokopim Malra. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Maluku Tenggara berhasil menyabet gelar juara umum pada Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik ke-IV Maluku. Kabupaten berjuluk Bumi Larvul Ngabel tersebut dikukuhkan sebagai juara umum dengan koleksi 13 medali yang terdiri atas 10 medali emas, 3 medali perak. 

Sepuluh medali emas diantaranya empat didapat dari kategori tutur kitab suci, menyanyi mazmur dewasa, mazmur anak, dan kategori cerdas cermat rohani remaja. Sementara enam medali emas lainnya datang dari kategori paduan suara umum anak, OMK, campuran dan paduan suara dewasa wanita gregorian, remaja gregorian serta dewasa pria gregorian. 

Raihan juara umum oleh Kabupaten Maluku Tenggara terbilang fantastik. Mereka berhasil melampaui pesaing-pesaing terdekatnya dengan capaian total nilai 423.

Adapun tempat kedua dihuni oleh kontingen Kota Tual dengan raihan nilai 289 disertai 8 emas, 5 perak. Kontingen Kota Ambon mengekor di peringkat ketiga dengan nilai 264, 6 emas dan 2 perak.

Ajang Pesparani IV ini diikuti oleh 11 Kabupaten Kota se-Maluku dengan total lebih kurang 1.304 peserta yang ambil bagian. Pesparani IV Maluku dimulai sejak 25-29 September 2022.

Berdasarkan hasil keputusan dewan juri yang diumumkan pada acara seremoni penutupan Pesparani IV Maluku, di Lapangan Lodar El, Kota Tual, Kamis (29/9/2022), berikut rincian perolehan juara dan medali kabupaten/kota per kategori lomba. 

Ada 5 kategori dari 13 lomba yang dipertandingkan pada Pesparani IV Maluku di Kota Tual yakni kategori cerdas cermat, menyanyikan mazmur, tutur kitab suci, paduan suara gregorian, dan paduan suara umum. 

Untuk kategori cerdas cermat rohani anak; posisi ketiga diraih oleh Kabupaten Buru dengan poin 850-gold, posisi kedua Kota Ambon poin 1300-gold dan posisi pertama diraih Kota Tual dengan poin 1450-gold champion. 

Cerdas cermat rohani remaja; posisi ketiga ditempati Kota Tual dengan poin 700-gold, disusul Maluku Tenggara poin 1300-gold dan posisi pertama diraih Kota Ambon dengan capaian poin 1600-gold champion. 

Kemudian kategori menyanyikan mazmur; mazmur anak peringkat ketiga ditempati oleh Kabupaten Maluku Tenggara-silver, disusul Kepulauan Aru di peringkat kedua-gold, dan peringkat pertama diraih Kota Ambon-gold champion. 

Mazmur remaja; Kabupaten Buru Selatan menduduki posisi ketiga-silver, posisi kedua ditempati Kabupaten Maluku Tenggara-gold, posisi pertama Kota Ambon-gold champion.

Mazmur OMK; posisi ketiga diraih Kabupaten Seram Bagian Barat 80,75-gold, Kabupaten Buru 83,41-gold, Kota Ambon 91,08-gold champion.

Mazmur dewasa; Peringkat ketiga Kota Ambon dengan nilai 78,33-silver, peringkat kedua diraih Kabupaten Maluku Barat Daya nilai 82,41-gold dan Kabupaten Maluku Tenggara 85,33-gold champion.

Di kategori tutur kitab suci; Kota Ambon menempati peringkat ketiga dengan poin 88-gold, Kabupaten Maluku Tengah 93-gold, Kabupaten Maluku Tenggara 95-gold champion.

Selanjutnya, kategori paduan suara dewasa wanita gregorian; posisi keempat diraih Kota Tual dengan capaian 74,02-silver, posisi ketiga Kabupaten Kepulauan Aru 80,16-gold, posisi kedua Kabupaten Maluku Tenggara 80,85-gold dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar menempati peringkat pertama dengan nilai 81,23-gold champion. 

Remaja gregorian; peringkat ketiga ditempati oleh Kabupaten Kepulauan Aru 80,52-gold, peringkat kedua Kota Tual 80,85-gold dan Kabupaten Maluku Tenggara 82,17-gold champion.

Dewasa pria gregorian; Kota Tual menempati posisi keempat dengan poin 80,44-gold, Kabupaten Kepulauan Tanimbar di posisi ketiga poin 81,39-gold, posisi kedua ditempati Kabupaten Maluku Tengara dengan poin 82,33-gold dan peringkat pertama diraih Kabupaten Kepulauan Aru dengan poin 82,43-gold champion.

Terakhir, kategori paduan suara umum anak; Kepulauan Aru menempati peringkat ketiga dengan nilai 75,20-silver, disusul Kota Tual diperingkat ketiga dengan nilai 81,37-gold dan Kabupaten Maluku Tenggara menempati peringkat pertama dengan capaian nilai 83,16-gold champion. 

Paduan suara umum OMK; Kota Ambon dengan nilai 83,33-gold berada di posisi ketiga, disusul Kota Tual dengan nilai 83,54-gold dan peringkat pertama diraih oleh Kabupaten Maluku Tenggara dengan poin 83,74-gold champion.

Paduan suara umum campuran; Kota Tual menempati posisi keempat dengan nilai 76,61-silver, posisi ketiga Kabupaten Maluku Barat Daya dengan nilai 78,26-silver, posisi kedua diraih Kota Ambon dengan nilai 80,12-gold dan Kabupaten Maluku Tenggara dengan nilai 84,08-gold champion menduduki peringkat pertama. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar