Marrin News

Maluku Tenggara-Tual Teken MoU Layanan Kesehatan Rujukan Keluarga Miskin

Potret Penandatanganan kerjasama antara Pemkab Malra dan Kota Tual tentang pelayanan kesehatan tingkat lanjutan bagi keluarga miskin, di Aula Kantor Bupati Malra, Selasa (26/4/2022). Sumber foto: Dokpri

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Pemerintah Kota Tual meneken sebuah nota kesepahaman (momerendum of understanding/MoU) tentang pelayanan kesehatan tingkat lanjutan bagi pasien keluarga tidak mampu atau miskin, Selasa (26/4/2022) siang.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun dan Wali Kota Tual Adam Rahayaan di Aula Kantor Bupati, jalan Abraham Koedoeboen Langgur.

Penandatangan disaksikan langsung Ketua DPRD Malra Minduchri Kudubun, Kepala Dinas Kesehatan Malra dr. Katrinje Notanubun, Plt. Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Abdullah Aziz, dan Plt. Dinas Kesehatan Kota Tual Danarwati Amir. Turut juga perwakilan TNI-Polri dan Kejaksaan Negeri Tual. 

Bupati Malra M. Thaher Hanubun dalam sambutannya siang tadi, menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kerjasama tersebut.

Ia pun berharap kerjasama dengan Pemkot Tual tidak sebatas pada pelayanan kesehatan, melainkan juga pada bidang lain.

“Insya Allah, kedepan kerjasama ini bisa dibidang-bidang lainnya. Mungkin, apa yang tidak dimiliki Kota Tual, Maluku Tenggara bisa memberikan dukungan. Begitu juga apa yang tidak dimiliki Maluku Tenggara, Kota Tual bisa memberi dukungan,” ujar Thaher.

Bupati menyebut masa kerja dua pemerintahan daerah, baik Maluku Tenggara dibawah kepimpinannya bersama Wabup Petrus Beruatwarin dan Kota Tual dibawah kepemimpinan Wali Kota Adam Rahayaan bersama Wakil Walkot Usman Tamnge hanya tersisa kurang lebih 1,6 tahun.

Dalam jangka waktu itu, Bupati berkomitmen untuk menghadirkan pemerintah ditengah-tengah masyarakat guna memberikan pelayanan. Salah satunya terkait layanan kesehatan.

“Dinas Kesehatan dan rumah sakit di kedua daerah ini harus sebisa mungkin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tegas Thaher.

Sementara itu, Wali Kota Tual Adam Rahayaan mengatakan, kerja sama antara Pemerintah Kota Tual dengan Kabupaten Maluku Tenggara di bidang kesehatan sudah terjalin sejak lama. Hanya saja, secara formal baru dituangkan dalam nota kesepahaman atau MoU.

Kerjasama ini, lanjut kata Wali Kota, guna mendukung percepatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tual.

“Rumah Sakit di Tual belum banyak dilengkapi dengan sarana prasarana seperti peralatan, dokter spesialis, dan lain-lain. Oleh karena itu perlu ada MoU (kerja sama) dibidang ini,” ungkap Adam kepada wartawan di pelataran Aula Kantor Bupati Malra.

“Memang (kerja sama) sudah jalan lama, tinggal formalnya baru kita sahkan tadi dalam bentuk tandantangan MoU,” sambung dia.

Wali Kota menyebut, ada peningkatan PAD bagi Maluku Tenggara dari kerjasama ini. Ia lantas menganggap hal itu sebagai sesuatu yang baik.

Tidak hanya secara ekonomis untuk Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, namun dengan adanya kerjasama ini bisa menunjang layanan kesehatan masyarakat di wilayah Kota Tual.

“Demi kesehatan masyarakat kami, maka berapa pun besaran uang yang keluar nantinya sudah merupakan kewajiban Pemkot Tual. Kita tidak menghitung itu sebagai beban anggaran bagi APBD. Karena intinya adalah pelayanan bagi masyarakat. Orang sehat dulu baru bisa melakukan aktivitas apa saja,” tegas Adam.

Terkait permintaan Bupati terhadap kerjasama bidang lain, Wali Kota menyatakan sepakat. “Peluang kerjasama bidang lain dikemudian hari akan kami manfaatkan sebaik-baiknya. Bukan hanya dengan Pemkab Malra, tapi akan diperluas hingga ke daerah lainnya,” imbuhnya.

Wali Kota berharap melalui kerja sama dengan Pemkab Malra saat ini dapat memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kota Tual, terutama bagi keluarga tidak mampu atau miskin.

“Terkadang karena sistem sehingga masyarakat berpikir urusan pelayanan kesehatan seperti rujukan ke rumah sakit lain agak ribet. Hal ini harus dapat dimaklumi karena kelengkapan administrasi antara satu daerah dengan daerah lainnya harus terpenuhi lebih dahulu,” tutur dia

“Seiring itu, kini bentuk kerjasama antara Pemkot Tual dan Pemkab Malra sudah terpenuhi. Diharapkan mudah-mudahan dapat memenuhi harapan warga masyarakat Kota Tual,” pungkas Wali Kota Adam.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar