Marrin News

Stok Tahu Tempe di Pasar Masrum Tual Terbatas

Ilustrasi tahu tempe dan kacang kedelai. Sumber foto: Istimewa

Kontibutor: Jimmy
Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com – Hingga pertengahan Maret 2022, pasokan kacang kedelai ke Kota Tual mulai berkurang. Akibatnya, ketersediaan tahu tempe di Pasar Masrum Tual mengalami kelangkaan. Perajin, penjual hingga konsumen pun terkena imbas dari kondisi tersebut.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual, Darmawati Amir kepada Marrinnews.com saat ditemui di ruang kerja Kantor Disperindag Tual, Senin (21/3/2022).

"Untuk saat ini masyarakat kota Tual sedikit kesulitan untuk mendapatkan pangan tahu tempe, dikarenakan pasokan stok kedelai di Tual lagi tak ada," ujar Amir.

Darmawati menyebutkan ketersediaan kacang kedelai di Indonesia bergantung pada China. Walau begitu, saat ini China telah membatasi pengiriman ke Indonesia. Karenanya, Kota Tual turut terkena imbas dengan langkah yang dilakukan China.

"Selama ini masuknya pasokan kacang kedelai itu dari Cina. Namun, sekarang ini Cina melakukan pengurangan pengiriman ke Indonesia makanya berdampak juga ke Tual," ucap dia.

Menurut Kadis Perindag Tual, pengurangan dilakukan karena untuk menjaga stabilitas pemenuhan pakan ternak di Cina. "Hal ini tentu sangat mempengaruhi produksi tahu tempe di Indonesia, termasuk di Tual juga,” imbuhnya.

Ia lanjut mengungkapkan, untuk saat ini pelaku UMKM di kota Tual memproduksi tahu tempe menggunakan stok kedelai lama. "Nah, ini juga kami telah laporkan ke Kementerian,” ucap Amir.

Darmawati menyebutkan, distributor di Kota Tual telah memesan kacang kedelai, tetapi belum dapat dipastikan kapan stok akan dikirim ke Tual.

"Mudah-mudahan sehari dua kedelainya sudah ada dan sudah bisa dibeli pelaku UMKM tahu tempe, tetapi harganya sudah sedikit naik yang penting stok di kota Tual harus terjaga," tutur Darmawati

Darmawati berharap, Pemerintah secepatnya melakukan import kedelai sehingga kebutuhan tahu tempe kembali tersedia sebagaimana mestinya.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar