Marrin News

Rayakan Ultah, Satpol PP Malra Bakti Sosial dan Sukseskan Target Vaksinasi

Dokumentasi kegiatan Satpol PP Malra menjelang HUT Satpol PP ke 72 dan Satlinmas ke 60. Sumber foto: Gerry dan Akun FB Satpol Malra Hanarun. 

Kontributor | Penulis: Gerry Ngamel
Editor: Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com – Peringatan hari ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke 72 dan Satlinmas ke 60 tahun 2022 di Kabupaten Maluku Tenggara akan dilangsungkan secara sederhana, seperti tahun sebelumnya. Perayaan dilaksanakan terpusat sesuai ketentuan Kementerian Dalam Negeri. Hal itu mengingat suasana pandemi Covid-19 masih melanda nusantara.

“Mengingat masih dalam masa pendemi sehingga sesuai petunjuk Kemendagri, kegiatan perayaan HUT Satpol PP dan Linmas tahun ini disesuaikan dengan status level Covid-19 di tiap daerah. Jadi bisa di dalam gedung ataupun luar gedung, tergantung status level. Untuk Malra sendiri, saat ini ada di level dua,” ujar Kasat Pol PP Maluku Tenggara (Malra) Abraham Rejaan kepada Wartawan di Langgur, Selasa (1/3/2022).

Sesuai ketentuan itu juga maka untuk kegiatan pra, sebut Rejaan, Satpol PP Malra telah melangsungkan kegiatan kerja bakti sosial di empat lokasi berbeda pada Jumat (25/2/2022) kemarin.

Adapun empat lokasi itu, yakni di Masjid Muhajirin Pemda, Gereja Anugerah Ohoijang, Gereja Katolik St. Yakobus Perumnas, serta pembersihan bahu jalan sepanjang area Stadion Maren Langgur-jalan Kolser.

Puncak peringatan HUT Satpol PP dan Linmas secara nasional, berlangsung 3 Maret 2022. Tema yang diusung adalah “Mewujudkan Penyelenggaraan Trantikum dan Linmas yang Baik Menuju Indonesia Maju dan Sehat”.

Kendati begitu, menurut Rejaan, bertepatan di hari tersebut akan diselenggarakan pula Rakornas di Jakarta, yang melibatkan pimpinan Satpol PP se-Indonesia. Rakornas dipimpin langsung Mendagri Tito Karnavian.

“Dalam Rakornas nanti akan membahas tentang capaian-capaian yang sudah dilakukan Satpol PP, khusus selama masa pandemi Covid-19. Juga, termasuk perencanaan kegiatan di tahun 2022,” imbuh dia.

Ia menambahkan, pada 2 Maret 2022 akan digelar aksi donor darah. Bakti sosial ini digelar secara serentak di seluruh wilayah NKRI.

“Sebenarnya, besok ini kegiatan donor darah secara serentak. Tapi setelah kami konfirmasi ke pihak PMI Malra, belum ada tanggapan hingga hari ini. Jadi untuk kegiatan ini sendiri, kami (Satpol PP Malra, red) belum bisa melaksanakannya,” jelas Rejaan.

Selanjutnya, khusus di Maluku Tenggara untuk kegiatan puncak peringatan HUT nanti, akan dikoordinasikan kembali bersama kepala daerah. Rencananya, lanjut kata Rejaan, doa syukuran peringatan HUT Satpol PP dan Malra baru akan dilangsungkan pada 10 Maret 2022.

“Akan kami koordinasikan dengan Pa Bupati, apakah dalam bentuk syukuran atau apel bendera. Pastinya bahwa sudah ada panitia kecil yang akan mengurusnya,” beber dia.

Kontribusi untuk Program Vaksinasi

Sesuai tema HUT Satpol PP dan Linmas tahun 2022 dan petunjuk Kemendagri, Rejaan menyatakan, sejak tahun 2021 Satpol PP Malra senantiasa memusatkan perhatian, dalam hal pengamanan penanganan pandemi dan vaksinasi Covid-19. Termasuk juga berkontribusi terhadap pencapaian target vaksinasi dosis satu di daerah berjuluk Larvul Ngabal itu.

“Sejak tahun kemarin, kami dari Satpol PP setiap saat mengawal pelaksanaan vaksinasi. Dalam pembagian target sasaran vaksinasi yang ditentukan Pa Bupati, hingga hari kemarin (28/2/2022) untuk vaksinasi dosis satu, Satpol PP berhasil mendapatkan target sebanyak 493 orang. Sementara dosis dua, berjumlah 905 orang dan vaksinasi Booster 20 orang,” sebut Rejaan.

Rejaan menegaskan, pihaknya akan menaruh konsentrasi penuh untuk pencapaian target vaksinasi dosis dua di Kabupaten Maluku Tenggara. Selain pula tetap memantau situasi kamtibmas umum.

“Bagi saya, sudah tidak jamannya lagi kita melakukan kegiatan serimonial yang ramai-ramai menjelang dan sesudah perayaan HUT Satpol PP dan Linmas. Alangkah baiknya, saya kerahkan seluruh anggota Satpol PP untuk sukseskan program target vaksinasi serta kegiatan baksos lainnya,” kata Kasat.

Ia memastikan, selama ini proses vaksinasi Covid-19 di Malra berlangsung aman dan terkendali. “Hingga hari ini tidak ada hal yang mengganggu keamanan, semua berjalan aman. Untuk itu, selaku penanggung jawab keamanan dari sisi Pemerintahan, saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Malra dan Kota Tual yang sudah secara sadar menerima suntikan dosis vaksin,” ucap Rejaan.

Jaga Tradisi dan Etika saat Bertugas

Melalui HUT kali ini, Rejaan berharap jajaran Satpol PP dan Linmas senantiasa mengedepankan nilai-nilai tradisi Kei dan etika humanisme dalam menjalankan tugas Pemerintahan ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Setiap anggota juga harus tetap berorientasi pada slogan Satpol PP Malra Hanarun-Humanis.

“Kadang pemahaman masyarakat bahwa Satpol PP selalu bertindak dengan kekerasan. Sebenarnya tidak seperti itu, karena Satpol PP adalah bagian dari organisasi perangkat daerah yang bertugas menegakan Perda serta penyelengaraan keamanan dan ketertiban umum”

“Apapun itu, saya ingatkan seluruh jajaran Satpol agar dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan, tetap kedepankan nilai humanis dan etika serta falsafah Kei ‘ain ni ain’ (mengasihi satu dengan yang lainnya),” tandas Kasat Pol PP Malra, Abraham Rejaan.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar