Marrin News

Kisah Tantri, Siswi SMP Budhi Mulia yang Dapat Hadiah Motor dari Undian Vaksinasi di Malra

Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun mengenakan helm kepada Tantri Resbal, Siswi SMP Budhi Mulia Langgur yang mendapatkan hadiah door prize sepeda motor. Sumber foto: Gerry Ngamel. 


Kontributor | Penulis : Gerry Ngamel
Editor: Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com – Yohana Tantri M Resbal (14), seorang siswi kelas VIII pada SMP Budhi Mulia Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Maluku tak pernah membayangkan keinginannya untuk memiliki sepeda motor sendiri, terwujud di usia yang terbilang masih remaja. Bahkan, dia tak menyangka, keinginan itu terwujud melalui vaksinasi Covid-19 yang dia ikuti.

Saat nomor undiannya dibacakan dan dinyatakan sebagai pemenang, Tantri sontak kaget. Ia juga tak menyangka, bisa mendapatkan door prize 1 unit sepeda motor matic, dari antara 6000-an peserta yang mengikuti vaksinasi dosis II di Gedung Serbaguna Langgur.

Keberuntungan Tantri, tentunya tak terlepas dari tangan dingin seorang bocah yang ditunjuk Bupati Maluku Tenggara untuk menarik satu dari ribuan nomor undian yang tersedia.

"Beta seng (saya tidak, red) sangka, karena vaksin akhirnya mendapat hadiah motor ini,” kata Tantri kepada MARRINNEWS.com saat ditemui usai acara pengundian hadiah vaksinasi dosis II di pelataran Gedung Serbaguna Larvul Ngabal, Sabtu (5/3/2022).

Tantri mengaku, sebelumnya tidak ingin disuntik vaksin karena takut dengan jarum. Lantas, saat divaksin, ia hanya bisa berdoa dalam hati sembari menutup mata dan ditemani salah seorang kerabat.

“Sebelumnya, beta seng mau divaksin karena takut dengan jarum. Tapi karena ada saudara yang temani beta dan ada kesadaran diri sendiri, beta mau untuk divaksin," ucap Tantri.

Setelah divaksin, Tantri menyatakan tidak merasakan dampak negatif apa pun seperti isu-isu yang beredar di masyarakat. "Puji Tuhan, sampai saat ini beta masih tetap sehat," ucap gadis asal Pulau Kei Besar ini.

Menurut Tantri, hadiah sepeda motor yang diterimanya akan diserahkan kepada salah seorang kerabat dekat untuk digunakan sebagai kendaraan ojek.

Oleh karena kata dia, ia belum bisa berkendara sendiri. Selain juga bahwa sesuai aturan, anak yang belum berumur 17 tahun tidak diperbolehkan berkendara.

“Untuk sementara, motor ini beta kase (serahkan, red)  buat kakak untuk pakai ojek, supaya bisa bantu bayar beta pung uang sekolah atau kebutuhan lain. Juga, supaya bisa antar beta pergi ke sekolah,” jelas Tantri.

Tak luput, Tantry menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, khususnya untuk Bupati Maluku Tenggara. “Terima kasih Pa Bupati, karena lewat vaksinasi ini saya bisa dapat hadiah motor,” ucap Tantry.

Bupati Malra, Muhammad Thaher Hanubun menyatakan, hadiah yang diberikan untuk mengajak masyarakat agar tetap sehat dan terhindar dari Covid-19.

"Kita berniat baik untuk menyehatkan masyarakat. Berbagai hadiah juga untuk menyehatkan suasana batin. Hadiah ini kita berikan dengan ikhlas, dan nomor undian yang ditarik bukan karena kebetulan, tetapi murni kehendak dari Allah SWT bagi yang datang dengan ikhlas untuk divaksin," kata Thaher saat membuka kegiatan pengundian hadiah vaksinasi dosis II,”

Menurut Bupati, vaksinasi berhadiah akan kembali dilaksanakan bulan April 2022 mendatang. Bahkan, menurut dia, program tersebut akan terus berlanjut hingga pandemi dinyatakan berakhir oleh Presiden.

“Bulan depan hingga seterusnya, kita buat lagi. Saya akan kumpulkan gaji saya setiap bulannya untuk beli motor dan diberikan kepada masyarakat yang ikut vaksinasi, tentunya melalui pengundian. Tak masalah, ini semua demi masyarakat,” ujar Thaher.

Diberitakan, guna mengenjot capaian vaksinasi dosis II, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Tim Kreatif Percepatan Vaksinasi dan Dinas Kesehatan berinovasi dengan melakukan vaksinasi berhadiah.

Dalam program ini, disiapkan hadiah utama berupa 1 unit sepeda motor. Terdapat juga 5 unit HP android dan sejumlah paket elektronik rumah tangga bagi warganya yang beruntung.

Vaksinasi dosis II berhadiah di Maluku Tenggara diselenggarakan sejak 11 Februari-4 Maret 2022, berpusat di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal Langgur. Pengundian dilaksanakan, pada Sabtu (5/3/2022) sore tadi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Malra, cakupan sasaran vaksinasi dosis II yang dihasilkan melalui program vaksinasi berhadiah, terhitung sejak 11 Februari hingga 4 Maret 2022 yakni sebanyak 6.469 orang.

Sementara itu, hingga periode 5 Maret 2022, disebutkan bahwa total sasaran penerima vaksinasi dosis II di Maluku Tenggara yakni sebanyak 41.515 orang atau 44,37 persen. Sedangkan vaksinasi dosis III atau booster, baru sebanyak 1.524 orang atau 1,53 persen.

Untuk diketahui, program vaksinasi berhadiah juga sudah dilakukan Pemda Malra untuk mengenjot capaian target vaksinasi dosis I. Vaksinasi dosis I berhadiah dilangsungkan dua kali, yakni pada Desember 2021 dan Januari 2022.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar