Marrin News

Dishub Tual Akan Pasang CCTV di Titik Rawan Laka Lantas dan Kamtibmas

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tual, Usman Borut. Sumber foto: Marrinnews.com


Kontributor: Jimmy 
Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRIN NEWS.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tual berencana, dalam waktu dekat akan memasang CCTV (Closed Circuit Television Camera) atau kamera pengawas, pada sejumlah area di wilayah Kota Tual.

Pemasangan kamera pemantau tersebut untuk memonitor wilayah-wilayah yang dinilai rawan terjadi tindak kriminalitas maupun kecelakaan lalu lintas. 

Demikian dikatakan Kepala Dishub Kota Tual, Usman Borut saat dihubungi Wartawan Marrinnews.com via telepon, baru-baru ini.

Borut menjelaskan, pemasangan CCTV sebagai kelengkapan kebutuhan data dan informasi. Sekaligus upaya Pemerintah daerah, bekerjasama dengan pihak Kepolisian dalam memantau serta menanggulangi keselamatan kendaraan saat ber-lalu lintas maupun tindak kriminalitas di daerah itu.

“Kita akan memasang CCTV. Dengan adanya CCTV, kita (Dishub, red) bisa memantau, mempunyai data dan informasi dalam sistem manajemen keselamatan lalu lintas dan keamanan warga Kota Tual,” ujar Usman.

Menurut Borut, kebijakan ini merupakan instruksi langsung dari Wali Kota Tual, Adam Rahayaan. Wali Kota Tual, kata dia, mengarahkan Dishub untuk segera melakukan pengadaan kamera pengawas.

Hal itu, lanjut Borut, lantaran tren gangguan keamanan yang marak terjadi di sejumlah titik jalan raya di wilayah Kota Tual. 

"Beliau (Wali Kota, red) yang mengarahkan kami, dalam hal ini Dishub untuk pengadaan CCTV, demi dapat mengendalikan keamanan dan ketertiban masyarakat," imbuh dia.

Ia memastikan, pihaknya telah berkoordinasi dan mendapat rekomendasi Kepolisian Resort Tual terkait titik-titik strategis, yang akan dipasangi kamera CCTV.

 "Kita telah mendapat rekomendasi dari Polres Tual untuk beberapa titik yang perlu dipasang CCTV. Namun, perlu ada kajian lagi dari bidang terkait, setelahnya baru kami melakukan pemasangan CCTV. Kemungkinan, lebih dulu akan dipasang di jalan-jalan utama yang ada di kota Tual," kata Borut.

Dia berharap, dengan adanya pemasangan CCTV nanti, kinerja Dishub akan lebih profesional. Selain juga bersinergi dengan jajaran keamanan dalam menciptakan kenyamanan bagi masyarakat.

“Harapan saya, CCTV ini dapat mendukung program pemerintah dalam hal penanggulangan kamtibmas. Terlebih khusus, bisa memberikan kenyamanan bagi warga Kota Tual dan sekitarnya,” tandas Borut.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar