Marrin News

Thaher Sebut Ohoi Elaar Lamagorang Layak Wakili Malra di Ajang PKK Tingkat Provinsi

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun (kedua dari kiri) mendampingi Ketua TP-PKK Maluku Tenggara Eva Elliya dan Tim Penilai lomba desa terbaik pelaksana 10 program PKK tingkat Provinsi Maluku di Ohoi Elaar Lamagorang, Kecamatan Kei Kecil. timur Selatan, Rabu (10/11/2021). Sumber foto: Chemo Labetubun. 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun menyebut Ohoi (Desa) Elaar Lamagorang layak mewakili Maluku Tenggara dalam ajang desa terbaik pelaksana 10 program PKK tingkat Provinsi Maluku.

Desa yang terletak di wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan tersebut menjadi pemenang ajang serupa tingkat Kabupaten Maluku Tenggara yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Atas capaian itu, Desa Elaar Lamagorang lantas menjadi perwakilan bumi Larwul Ngabal di tingkat Provinsi Maluku.

Kini, tahapan lomba PKK tingkat provinsi tersebut telah memasuki tahapan penilaian. Adapun tim penilai dari Provinsi Maluku, tengah melakukan penilaian. Tim penilai sendiri telah berada di Ohoi Elaar Lamagorang sejak Rabu (10/11/2021).

Bupati Thaher mengungkapkan, Ohoi Elaar Lamagorang selalu  mencatatkan sejarah terbaik di Kabupaten Maluku Tenggara. Catatan sejarah itu, lanjut kata dia bahwa tanah Elaar, tepatnya di Siryan Siryen, hukum adat Larwul Ngabal terlahir.

“Oleh karena itu, tidak heran kalau ohoi ini dapat tampil sebagai  pemenang Lomba Desa Terbaik Pelaksana 10 Program Pokok PKK. Masyarakat di ohoi ini juga tidak kaget dengan pola hidup teratur dan sehat,” ujar Thaher dalam keterangan pers yang diterima Marrinnews.com, Kamis (11/11/2021).

Thaher meyakini Ohoi Elaar Lamagorang memiliki keunggulan tersendiri dalam penilaian komprehensip, sehingga layak untuk disertakan mewakili Maluku Tenggara di tingkat provinsi.

“Insya Allah, selanjutnya dapat mewakili Maluku di tingkat nasional, karena komitmen kita Dari Kepulauan Kei Maluku Tenggara untuk Maluku dan dari Maluku Untuk Indonesia,” kata mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku itu.

Thaher berharap substansi penilaian dalam lomba ini dapat dijadikan model pemberdayaan dan pengembangan yang diterapkan di semua Ohoi di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Model ini sudah barang tentu hendaknya dapat dikawal secara maksimal oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK pada semua tingkatan,” imbuhnya.

Kontribusi PKK Malra

Menurut Thaher, TP-PKK Kabupaten Maluku Tenggara dibawah pimpinan Ibu Eva Elliya telah menunjukan eksistensinya dengan turut berkontribusi membangun ketahanan pangan daerah dan masyarakat dari level Kabupaten hingga ke ohoi-ohoi.

“Kebun dasawisma yang digagas dan dikawal Tim Penggerak PKK telah terbukti berkontribusi dalam menekan dan mengendalikan inflasi daerah sehingga Kabupaten Maluku Tenggara sebanyak 2 kali berturut-turut mendapatkan penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik untuk Wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua,” ungkap Bupati Thaher

“Ini merupakan prestasi yang patut di banggakan. PKK Maluku Tenggara bukan PKK biasa. PKK Maluku Tenggara adalah PKK luar biasa,” pungkas Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar