Marrin News

Upacara HUT RI ke 76 di Kecamatan Kei Kecil Barat Berlangsung Khidmat

Camat Kei Kecil Barat Jacob Rahajaan bertindak selaki Inspektur Upacara dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI ke 76 di wilayah Kecamatan Kei Kecil Barat. Upacara dilaksanakan di lapangan upacara ohoi Somlain, Selasa (17/8/2021). Foto: Ghege

Reporter: Ghege Ngamel

MARRINNEWS.com – Camat Jacob Rahajaan memimpin upacara peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tingkat kecamatan Kei Kecil Barat (KKB), yang digelar di lapangan upacara Ohoi atau Desa Somlain, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Selasa (17/8/2021).

Kepala Kecamatan KKB ini hadir bersama Ibu Alberthina Renjaan/Rahajaan dan didampingi oleh Sekertaris Camat Apolanaris Janwarin beserta Kepala Ohoi dan Penjabat Kepala Ohoi Sekertaris Ohoi se kecamatan KKB. Turut hadir juga, Kapolsek Kei Kecil Barat Ipda F Tethool.

Adapun bertindak sebagai Komandan Upacara, Sertu Onesimus Elsoin dan Perwira Upacara Peltu Yesaya De Fretes.

Dengan mengusung tema nasional “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, peringatan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI kali ini masih dilaksanakan ditengah pandemi wabah Covid-19.

Dengan demikian, upacara digelar secara terbatas untuk menyesuaikan dan menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi.

Walau begitu, upacara peringatan kemerdekaan di wilayah pesisir Barat Kei Kecil tahun ini tetap berlangsung khidmat. Para tamu undangan serta masyarakat yang mengikuti jalannya upacara secara langsung, baik di lapangan upacara maupun sudut-sudut rumah juga terlihat begitu antusias mengikuti jalannya prosesi upacara tersebut.

Sementara itu, dentuman bunyi sirene panjang yang menggelegar dari arah barat Ohoi Somlain menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Kecamatan Kei Kecil Barat.

Usai itu, pengibaran bendera Merah Putih mulai dilakukan oleh tiga anggota Paskibra dari SMA Negeri 4 Maluku Tenggara.

Ketiga putera-puteri terbaik, Glenis Neunny (pembawa bendera), Willi Sedubun (pembentang bendera), Levinus Warbal (penggerek bendera) mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sang Merah Putih pun tampak gagah berkibar di lapangan upacara Ohoi Somlain.

Selepas itu, Camat Kei Kecil Barat Jacob Rahajaan selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara baik yang hadir secara terbatas di lokasi maupun yang berada di luar lapangan untuk mengheningkan cipta.

Selanjutnya, Ketua Badan Saniri Ohoi (BSO) Somlain Fabianus Ngamel membacakan naskah proklamasi yang pada 76 tahun lalu dikumandangkan proklamator, Ir. Soekarno, sebagai tanda terbebasnya Indonesia dari belenggu penjajahan.

Dalam upacara ini juga, Camat Kei Kecil Barat menyampaikan amanah Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun.

Pastor Paroki Ohoidertutu RD Erick Mara kemudian memandu pembacaan doa.

Untuk diketahui, prosesi Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Kecamatan Kei Kecil Barat digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain mengenakan masker dan menjaga jarak, para peserta atau perangkat upacara terbatas juga terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Sebagai informasi, upacara penurunan bendera di Kecamatan KKB akan dilangsungkan pada pukul 16.30 WIT. 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar