Marrin News

“Tiga Bulan” Masjid Al-Anshor Dunwahan Kini Beratap, Bupati Malra Beri Apresiasi

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun sedang memasang atap pada bangunan Masjid Al-Anshor Dunwahan. Sumber foto: Ghege. 

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Progres pembangunan Masjid Al-Anshor di Ohoi Dunwahan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, kini memasuki tahap pemasangan atap.

Diketahui, proses pengatapan bangunan tempat ibadah bagi umat muslim di Ohoi Dunwahan itu sendiri telah dilakukan pada Senin (5/7/2021) pagi sekitar pukul 10.20 WIT.

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun hadir pada prosesi tersebut. Menariknya, orang nomor satu di Bumi Larwul Ngabal itu turun langsung memasangkan lembaran atap pertama.

Bersama dengan Bupati, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Malra turut terlibat dalam menaikan satu per satu lembar atap ke puncak bangunan.

Acara pemasangan atap saat itu berlangsung sederhana. Warga tidak diperkenankan mendekati area bangunan. Hanya para pekerja saja. Hal itu dilakukan guna menjaga protokol kesehatan COVID-19.

Bupati Thaher Hanubun dalam kesempatan itu mengapresiasi pencapaian pengerjaan pembangunan Masjid Al-Anshor.

Thaher berujar, pembangunan masjid tersebut baru mulai dikerjakan tiga bulan lalu. Walau begitu, proses pembangunan berjalan begitu cepat.

Progres itu, kata dia, tentu tak terlepas dari kerjasama seluruh elemen masyarakat Ohoi Dunwahan bersama Pemerintah Daerah Maluku Tenggara.

“Pembangunan masjid ini menjadi tanggung jawab bersama, baik Pemerintah Daerah, Pemerintah ohoi, masyarakat dan Bhabinsa TNI. Untuk Bhabinsa, luar biasa, saya sangat berterima kasih karena sudah mengerahkan segala kemampuan untuk membantu pembangunan gedung masjid ini,” ujar Thaher.

Bupati mengungkapkan, ia sangat mengandalkan bantuan pihak TNI dan Kepolisian Sektor dalam membantu pembangunan, baik masjid maupun gereja.

“Saya sangat berharap keberadaan TNI dan Kepolisian ditengah masayarakat dapat terus berlanjut,” pinta Hanubun.

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun menyampaikan arahan sebelum pemasangan atap pada bangunan Masjid Al-Anshor Ohoi Dunwahan. Sumber Foto: Ghege

Bantuan Hibah

Bupati Thaher mengungkapkan, Pemerintah daerah berkomitmen membantu percepatan pembangunan tempat-tempat ibadat melalui alokasi dana hibah.

Thaher menyebut, pemerintah daerah telah mengelontorkan dana hibah sebesar Rp1,2 milyar untuk membantu pembangunan Masjid Al-Anshor Dunwahan.

Bantuan hibah tersebut berlaku pula bagi pembangunan tempat-tempat ibadah lainnya, baik Masjid maupun Gereja yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara.

Selain dana hibah, khusus untuk Masjid Al-Anshor, Bupati Thaher menyumbangkan 1000 sak semen. Bantuan semen tersebut telah diserahkan sebanyak 650 sak.

“Mengingat gudang penyimpanannya kecil jadi kita baru menyerahkan 650 sak. Sisanya menunggu apabila yang di gudang sudah terpakai habis, barulah kita antar lagi kemari (di desa Dunwahan, red), tutur Thaher.

Bupati menegaskan, bantuan hibah yang diperuntukan bagi pembangunan sarana peribadatan, pada waktunya nanti harus dapat dipertanggungjawabkan.

“Jika dulu bantuan hanya diberikan Rp50-100 juta namun sekarang besaran nilai bantuan tersebut tidak lagi diberikan. Saat ini kita berikan minimal Rp250 juta hingga maksimal Rp2,5 milyar. Tetapi juga bahwa dengan adanya besarnya nilai bantuan itu maka pekerjaan harus dapat dipertanggungjawabkan. Pekerjaan harus selesai sesuai waktu yang diberikan,” kata dia.

Bupati berharap, di akhir tahun 2021 ini, Masjid Al-Anshor sudah dapat diresmikan. Begitu pula dengan bangunan tempat ibadah lainnya yang mendapat bantuan hibah Pemda Malra.

“Dari sekian pembangunan tempat ibadah yang memanfaatkan dana hibah, Masjid ini (Masjid Al-Anshor, red) yang paling cepat pekerjaannya. Saya berharap hal ini dapat menjadi contoh bagi ohoi-ohoi (desa, red) lainnya,” ucap Thaher Hanubun. 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar