Marrin News

Serbuan Vaksinasi COVID-19 di Ohoi Dian Darat Capai 313 Orang

Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Ohoi Dian Darat. Sumber foto: Labes Remetwa. 

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut Tual bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara, pada Kamis (1/7/2021) kemarin, berkolaborasi melayani cakupan vaksinasi bagi masyarakat di Ohoi atau Desa Dian Darat, Kecamatan Hoat Sorbay.

Vaksinasi massal yang digelar di kampung bahari nusantara binaan Lanal Tual tersebut merupakan implementasi program “serbuan vaksinasi 1 juta per hari” yang digagas Pemerintah Pusat.

Gelaran vaksinasi ini sendiri turut melibatkan jajaran Kodim 1503 Tual dan Kepolisian Resort Tual.

Keterangan pers yang diterima Marrinnews.com, Jumat (2/7/2021) menyebutkan, masyarakat Ohoi Dian Darat cukup antuasias mengikuti vaksinasi yang digelar kemarin. Jumlah vaksinasi mencapai 313 jiwa.

Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa mengatakan bahwa sasaran vaksinasi di Ohoi Dian Darat mencapai target.

“Sebelumnya kami menargetkan 300 orang yang divaksin. Namun, warga antuasias mengikutinya sehingga total warga penerima vaksin di Ohoi Dian Darat sebanyak 313 orang,” kata Wisnawa.

Danlanal mengungkapkan, vaksinasi massal ini akan berlangsung hingga 18 Desember 2021. Vaksinasi digelar terbuka bagi masyarakat, baik di Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara.

Wisnawa memastikan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi protkes dan vaksinasi Covid-19 di dua wilayah ini.

“Sosialisasi dan vaksinasi Covid-19 akan terus kami lakukan, lebih khusus kepada mereka yang beraktifitas di kawasan pelabuhan,” ujar dia.

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun memastikan vaksin yang digunakan dalam program serbuan vaksinasi ini aman bagi masyarakat.

Bupati mengungkapkan, pemerintah daerah telah melaksanakan beberapa kali kegiatan vaksinasi. Dari sekian pelaksanaan itu hingga saat ini, kata dia, tidak ada masalah ataupun laporan dari peserta penerima vaksin.

“Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa vaksin ini aman,” kata Bupati sebagaimana disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Andreas Savsavubun, pada acara serbuan vaksinasi yang digelar Lanal Tual di Ohoi Dian Darat, Kamis (1/7/2021).

Thaher menegaskan, vaksin yang digunakan saat ini telah melewati uji klinis, dan dinyatakan aman dan halal oleh lembaga yang berwenang.

“Balai POM telah mengeluarkan rekomendasi bahwa vaksin ini aman. Begitu juga Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin ini halal,” imbuh Bupati.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara agar berpartisipasi dalam program vaksinasi. Hal ini agar dapat meningkatkan kekebalan masyarakat untuk memerangi virus corona.

Menurut Bupati, Malra masih rentan terhadap masuknya virus Covid-19. Oleh karena masih tingginya mobilitas atau pergerakan masyarakat keluar masuk daerah.

“Seluruh kemampuan dan sumber daya akan diarahkan untuk memutuskan mata rantai penyebaran dan mengatasi pandemi Covid-19,” ujar Thaher.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar