Marrin News

Wali Kota Lantik Pengurus LPTQ Tual 2020-2025

Wali Kota Tual Adam Rahayaan melantik Pengurus LPTQ Kota Tual 2020-2025 di Aula Balai Kota Tual, Selasa (02/03/2021). Foto: Nick Renleuw

Penulis : Nick Renleuw | Marrin News

Tual, Marrinnews.com.- Wali Kota Tual Adam Rahayaan S.Ag., M.Si., melantik Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Tual periode 2020-2025 di Aula Balai Kota Tual, Selasa (02/03/2021) pagi. Seremonial pelantikan mengambil tema Optimalisasi dan Peran LPTQ dalam Meningkatkan Prestasi dan Memasyarakatkan Al-Quran di Bumi Maren.

Pengurus LPTQ yang baru dilantik terdiri dari Ahmad Yani Renuat, S.Sos., MM., sebagai Ketua Umum, Abd. Rahman Rahayaan, S.Ag., sebagai Sekretaris Umum dan Hj. Misros Jabkenjanan, S.Sos., sebagai Bendahara Umum. Pengurus inti dibantu oleh 6 bidang.

Usai dilantik sebagai ketua umum, Sekretaris Daerah Kota Tual, Ahmad Yani Renuat, S.Sos., MM, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan untuk menahkodai LPTQ Tual 2020-2025. Ucapan itu ia tujukan kepada Wali Kota, segenap masyarakat, dan para pengurus LPTQ periode sebelumnya.

Ketua Umum LPTQ Tual 2020-2025 Ahmad Yani Renuat, S.Sos., MM saat menyampaikan sambutannya, Selasa (02/03/2021). Foto: Nick Renleuw

Lebih lanjut Renuat mengajak rekan-rekan pengurus LPTQ untuk sama-sama mempersiapkan SDM Qori dan Qoriyah, bukan hanya aspek jasmani tetapi juga batin dan mentalnya. Ia juga berjanji untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Ke depan ini ada momentum yang sangat penting bagi kita, ini menjadi tantangan bagi pengurus baru antara lain pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi ke-29 di Saumlaki antara Juli sampai Oktober, kemudian STQ ke-26 tingkat nasionalnya di Maluku Utara bulan Juli sedangkan tingkat provinsi bulan Juni,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan rekan-rekan pengurus untuk memikul tanggung jawab yang telah dipercayakan di tengah mepetnya waktu, khususnya untuk penyelenggaran sejumlah event yang telah disebutkannya. Ia mengajak seluruh pengurus untuk membuat lompatan yang berbeda dari pengurus sebelumnya.

Pertahankan Prestasi Tanpa Naturalisasi

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual, Hanafi Kasim, menyinggung prestasi yang telah dicapai oleh pengurus sebelumnya. Prestasi dimaksud adalah bahwa dalam dua penyelenggaraan terakhir MTQ Provinsi Maluku di Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Buru, secara berturut-turut Kota Tual berhasil menduduki peringkat ketiga dan peringkat kedua dari 11 kabupaten/kota.

Yang lebih penting, lanjut Kasim, bahwa prestasi tersebut diperoleh: “Dengan modal peserta putera-puteri asli daerah Kota Tual atau dengan kata lain, tidak lagi menggunakan peserta naturalisasi,” ungkapnya.

Ia berharap, pengurus yang baru dilantik dapat mengambil langkah-langkah konkret pelaksanaan pembinaan guna persiapan penyelenggaraan sejumlah event yang sudah disebutkan sebelumnya.

“Semoga pembinaan peserta STQ dan MTQ melalui LPTQ Kota Tual tetap eksis untuk meraih peringkat terbaik dari 11 kabupaten/kota, atau paling tidak mempertahankan peringkat sebelumnya. Tanamkan komitmen ini untuk langkah-langkah pembinaan selanjutnya,” pesan Kasim.

LPTQ Bukan Lembaga Proyek

Sementara itu, Wali Kota Tual Adam Rahayaan dalam sambutannya antara lain mengingatkan seluruh pengurus yang baru dilantik untuk tidak melihat keberadaan LPTQ sekadar sebagai sebuah lembaga proyek.

“Jangan kita LPTQ itu hanya sibuk di saat MTQ saja. MTQ berlalu, nanti katong jumpa lagi di MTQ berikut. Berarti orientasi kita melihat MTQ itu sekadar proyek. Ini catatan penting!” tegasnya.

Ia mengingatkan, esensi kata “pengembangan” dalam LPTQ menegaskan sebuah pekerjaan besar bagi seluruh pengurus yang baru dilantik. Terutama agar bisa meningkatkan prestasi yang sudah dicapai pada penyelenggaraan MTQ sebelumnya.

“Kata orang, mendapat juara itu penting, tapi mempertahankan juara itu lebih penting. Lebih sulit lagi adalah meningkatkan prestasi. Jadi idelisme kita, juara (umum) itu perlu,” harapnya.

Acara pelantikan ditutup dengan pembacaan doa dari Ketua MUI Tual. Turut hadir dalam kegiatan antara lain Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge, Ketua DPRD Hasan Borut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan  pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kota Tual

Susunan Pengurus Lengkap

PENGURUS LEMBAGA PENGEMBANGAN TILAWATIL QUR’AN KOTA TUAL PERIODE 2020 - 2025          

PEMBINA: Wali Kota Tual, Wakil Wali Kota Tual, Ketua DPRD Kota Tual, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tual

PENASEHAT: Sekretaris Daerah Kota Tual, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual, Ketua MUI Kota Tual

Ketua Umum   : A. YANI RENUAT, S.Sos.M.Si

Ketua I           : H. Abdulah Notanubun, S.Sos.MM

Ketua II          : Hi. Ahmad Kabalmay, S.Pd.I

Ketua III        : Hi. Echan Rumaf, S.Ag

Sekretaris Umum:  ABD RAHMAN RAHAYAAN, S.Ag

Sekertaris I     : Drs. H. Zaki Kabalmay, M.AP

Sekertaris II    : Ahmad Raharusun, S.Pd. M.Pd

Sekertaris III  : Nurhamzah Mandak, S.KM. M.Kes

Bendahara Umum:  Hj. MISROS JABKENJANAN, S.Sos

Bendahara I    : Muzna Al Hamid, SE

 

Bidang-Bidang :

Bidang Musabaqah Perhakiman

Ketua: Drs. Hi. Gufroni Rahanyamtel

Anggota: Rudi Bugis, SE., Ismail Rumkel, S.Pd., Abd Hamid Kabalmay, SE., Mohamad Seknun, M.Pd., M. Nur Firdaus, SE.M.Si., M. Yahya Zein Matdoan, S.Sos.M.Si., M. Quthub Matdoan, SE., Drs. Juni Tamsil Kilwo, Abd Rahman Renhoat, S.Pd.I.

Bidang Pembinaan, Pendidikan Dan Pelatihan

Ketua: Drs. H. M. Zein Matdoan

Anggota: Hj. Maryam Fakaubun, S.Pd.I., Hj. Ruleha Kadmas., Ahmad Ramli Matdoan, M.Ag., Hasbi Kabalmay, BA., Hi. M. J. Rivai Rumra, S.Ag. M.Pd., Nur Aini Kabakoran, S.Com.I., M. Zulkarnain Rahanyamtel, S.Sos., Mutomaina Rahanyamtel, Ss., Marhumah, S.Pd., Nurhuda, S.Pd., M. Toha Bugis, M.Pd.

Bidang Penelitian dan Pengembangan

Ketua: M. Zen Renhoat, S.Pd.I

Anggota: Omar Mohtar Matdoan, S.Kom.M.Si., Amin Nasrun Renngur, S.Pi.M.Si., Yusman Yaluhun, S.Hi., Hidayah Fakaubun, S.Hut., Dra. Selma Kabalmay, Dra. Tuti Kabalmay, Rahmawati Renngur, Amina Matdoan, S.Pd., Konjalil Rumaf, S.Hi

Bidang Publikasi Dokumentasi

Ketua: Rini Atbar, SH

Anggota: Moksen Ohoiyuf, S.STTP, Irfan Fadirubun, S.Sos., M. Bahrum Roroa, SE., Irwan Tamnge, SP., Efendi Renwarin, S.Sos.,           Helmi Salim Atamimi, S.Sos., Ismail Tamnge, S.Sos., Ikram Yahya Kabalmay, SE., Firdaus Roroa, SE., Maulana Kabalmay, S.Hi.

Bidang Usaha Dana

Ketua: Hi. Sehan Kabalmay

Anggota: Bambang Halim, S.Hut., Ahmad Asyatri, S.Sos., Hi. Husein MD

Bidang Sekretariat

Ketua: Muh. Yahya Rahanyamtel, SE

Anggota: Ach. Mulyanani, S.Sos., Hj. Nirwana Arief., Ahyani Rumaf, S.Sos., Dra. Hj. Selma Rahakbauw., Hasan Difinubun, S.Pd.I., Hj. Hayati Rumaf, S.Sos.(MN)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar