Marrin News

Tethool: Kesiapan Jelang "Tour Virtual" di Desa Wisata Ngilngof Capai 99 Persen

Ketua Pengelola Destinasi Wisata Ohoi Ngilngof, Ronal Tethool berpose di lokasi Wisata pantai Ngurbloat. FOTO: Facebook Ngurbloat

Langgur, Marrinnews.com - Berbagai persiapan menjelang pelaksanaan tour virtual bertajuk "Surga yang Tersembunyi" di desa wisata Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara, kini telah mencapai 99 persen. 

Demikian dikatakan Ketua pengelola destinasi wisata Ohoi (desa, red) Ngilngof, Ronald Tethool kepada Wartawan di Langgur, Jumat (26/2/2021). 

"Semua unsur pendukung, baik dari Pemerintah Ohoi, masyarakat hingga fasilitas-fasilitas serta hal-hal lainnya sudah siap untuk mendukung terlaksananya tour virtual di desa wisata Ohoi Ngilngof," ungkap Ronal. 

Ronald lanjut mengatakan, untuk mematangkan segala persiapan yang nantinya disajikan pada acara tersebut, pihaknya hari ini melakukan gladi resik. 

"Persiapan sudah dilakukan sejak dua minggu lalu, sehingga sampai dengan hari ini sudah mencapai 99 persen. Hari ini juga kami matangkan segala persiapan itu dengan melakukan gladi resik," ujar dia. 

Ronald memastikan, pihaknya akan menyajikan suguhan terbaik dari sejumlah pesona keindahan dan keunikan potensi wisata yang dimiiki Ohoi Ngilngof bagi seluruh masyarakat dan para pecinta travelling wisata yang 

"Kami akan memberikan yang terbaik, mulai dari penyajian pentas seni, budaya serta potensi-potensi wisata yang ada di Ohoi Ngilngof, baik wisata rohani, kuliner, bahari dan wisata alam lainnya," beber Ronald. 

Sajian tour virtual di desa wisata Ngilngof nanti, sebut Tethool, dimulai dari dalam kampung, tepatnya di depan Gereja Katolik Santa Maria Ngilngof. Lokasi ini disuguhkan untuk mengenalkan wisata rohani di Ohoi Ngilngof. 

"Di lokasi ini akan disajikan tarian khas Ohoi Ngilngof, yakni tari sawat pancing. Tarian ini akan dibawakan oleh sejumlah kaum wanita," katanya. 

Selanjutnya, perjalanan tour akan beralih ke pantai Yen Roa. "Ditempat ini kami akan sajikan pesona hutan mangrove," imbuh Ronald. 

Menurut Tethool, Pemerintah Ohoi telah berencana untuk nantinya di tahun depan mengmbangkan lokasi pantai Yen Roa sebagai kawasan eko wisata. 

Dari pantai Yen Roa, kemudian berlanjut ke kawasan destinasi wisata pantai Ngurbloat yang selama ini menjadi ikon desa wisata Ngilngof. Di lokasi ini, pengunjung virtual akan disuguhkan dengan keindahan pantai Ngurbloat dan sejumlah fasilitas-fasilitas yang tersedia, begitu juga dengan kuliner-kuliner khas tradisional Ohoi Ngilngof. 

"Jadi kami akan menampilkan cara pembuatan pisang enbal dan sejumlah makanan khas tradisional lainnya. Akan ada juga suguhan tari-tarian tradisional di lokasi tersebut," tutur Tethool. 

Dibalik Pandemi "Ada Peluang"

Ronald Tethol menyatakan, seluruh elemen masyarakat Ohoi Nglingof merasa sangat beruntung karena desa wisata Ngilngof untuk pertama kalinya diikutsertakan dalam program tour virtual Indonesia. 

"Menjadi suatu kebanggaan buat kami masyarkat Ohoi Ngilngof karena untuk pertama kalinya dilibatkan dalam program ini. Tentunya bahwa dengan program ini juga kami diberikan pembelajaran tentang bagaimana mempromosikan destinasi wisata melalui virtual tour," ungkap dia. 

Menurut Ronald, pandemi Covid-19 sangat berdampak langsung terhadap keberlangsungan pariwisata Maluku Tenggara, khususnya bagi deatinasi wisata Ohoi Ngilngof. 

Kendati begitu, ia mengklaim bahwa dibalik pandemi ini ada hikmat dan peluang yang begitu luar biasa untuk menggenjot pengembangan potensi-potensi wisata yang terdapat di Ohoi Ngilngof. 

"Dengan adanya pandemi ini kita berbenah sehingga kedepannya destinasi wisata Ohoi Ngilngof semakin lebih maju danndaoat dikenal masyarakat luas, baik di dalam maupun luar negeri," ujarnya. 

Senada hal itu, Ronald menyampaikan apresiasi kepada pihak Caventer dan Traval.co, serta Kemenparkref RI, yang mana telah mempercayakan desa Ngilngof untuk berpartisipasi dalam program virtual tour bertajuk "Surga yang Tersembunyi" kali ini.

Tethool  mengajak seluruh masyarakat Kei dan para pencinta wisata dimana saja berada untuk nantinya dapat mengikuti virtual tour Indonesia "Surga Tersembunyi" di kilau desa wisata Ngilngof pada Sabtu (27/2/2021). Acara ini berlangsung pukul 12.00-14.00 WIT. 

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti acara program tersebut dapat mendaftarkan diri di: bit.ly/VirtualDesaWisata atau di https://traval.co/livedetail/kilau-indah-desa-ngilngof-kepulauan-kei

Masyarakat juga bisa menyimak melalui Youtube Live: Pesona Indonesia. (Ghege) 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar