Marrin News

Digelar Kamis Besok, Musrenbang Kota Tual Akan Hadirkan 6 Pemateri dari Pusat


Tual, Marrinnews.com.- Pemerintah Kota (Pemkot) telah menyelesaikan dua agenda penting berkatian dengan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022. Kedua agenda dimaksud yakni penyelenggaraan Konsultasi Publik pada Senin (22/02/2021) dan Forum Perangkat Daerah pada Selasa (23/02/2021).

Saat menutup Forum OPD yang berlangsung di Balai Kota Tual pada Selasa (23/02/2021) lalu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tual, Dr. Fahri Rahayaan, mengingatkan seluruh peserta forum bahwa masih akan ada satu momen puncak yakni penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang akan digelar Kamis tanggal 24 Februari 2021 besok.

“Dalam Musrenbang besok tidak dilaksanakan lagi diskusi tetapi kita akan dengar penyampaian materi dari 6 narasumber, seluruhnya dari pusat, baik perwakilan pemerintah pusat yang ada di provinsi dalam kelembagaan balai,” ungkapnya.

Doktor Fahri merinci keenam narasumber dimaksud yakni dari Balai Jalan, Balai Perumahan, Balai Perhubungan Darat, Balai Prasarana Pemukiman, Balai Perumahan, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Dari Bappenas itu dari Direktur Tata Ruang, itu (penyampaian materi melalui zoom, nanti setelah istirahat siang jam 11.00 WIB beliau akan menyampaikan paparan dari Bappenas kurang lebih 30 menit,” jelasnya.

Selain pemateri yang telah disebutkan, Fahri menyampaikan bahwa materi terakhir akan diberikan oleh Deputi Bidang Kemaritiman. Pemaparan materi terakhir, sambungnya, berkaitan dengan kepentingan usulan menjadikan Kota Tual sebagai lumbung ikan nasional dan kawasan strategis pariwisata.

“Awalnya beliau (deputi) bersedia melalui zoom, tetapi informasi terakhir jam 2 tadi, beliau mau hadir langsung ke Tual untuk melihat potensi-potensi yang ada di Tual termasuk pelabuhan perikanan, potensi pariwisata dan lain-lain, saat beliau tiba hari Kamis,” jelas Doktor Fahri.

Lebih lanjut Fahri menjelaskan, jadwal pemaparan materi dari Deputi Bidang Kemaritiman akan diatur secara fleksibel. Apabila Deputi tiba pada siang hari, maka pemaparan materi akan disatukan dalam rangkaian Musrenbang.

“Tapi kalau beliau tiba sore maka sore hari kita tutup musrembang, nanti kita lanjutkan dengan jamuan makan malam sekaligus presentasi dari pemerintah daerah, usul tentang lumbung ikan nasional dan kawasan strategis pariwisata nasional,” pungkasnya.

Berdasarkan penelusuran Marrinnews.com, ada dua deputi di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang berkaitan langsung dengan kemaritiman. Pertama, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi yang saat ini dijabat Basilio Dias Araujo. Kedua, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim yang saat ini dijabat Safri Burhanuddin. (Nick Renleuw)

 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar