Marrin News

Bupati MTH Ajak Warga Kepulauan Kei Dukung Virtual Tour Desa Wisata Ngilngof

Bupati Malukun Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun. FOTO: Istimewa

Langgur, Marrinnews.com – Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung penyelenggaran virtual tour wisata di desa wisata Ngilngof, Kepulauan Kei yang akan dilaksanakan pada Sabtu (27/2/2021).

Program jelajah desa wisata berbasis virtual digital ini dilaksanakan oleh Traval.co, Caventer Indonesia, Kemenparkref RI, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Maluku Tenggara dan Komunitas Wisata Kepulauaan Kei. Virtual Tour ke Desa Wisata Ngilngof dimulai pukul 12.00-14.00 WIT.

“Saya mengajak kita semua untuk berpartispasi dalam acara ini dengan mengikutimya secara langsung dengan mendaftarkan diri di https://traval.co/livedetail/kilau-indah-desa-ngilngof-kepualaun-kei atau dapat diikuti melalui Chanel Youtube Pesona Indonesia. Acara ini gratis, tanpa dipungut biaya,” ujar Bupati Thaher Hanubun kepada Marrinnews di Langgur, Jumat (26/2).

Bupati menjelaskan, keikutsertaan desa wisata Ngilngof dalam virtual tour bertajuk “Surga yang Tersembunyi” bersama sembilan desa wisata lainnya di Indonesia, didasarkan pada eksistensi dan konsistensi kesepuluh desa wisata tersebut dalam mengembangkan destinasi wisatanya.

“Kemenparkref (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan Kementerian Desa (Kemendes) memantau langsung perkembangan beberapa desa wisata. Salah satunya seperti program virtual tour yang digelar komunitas BPPD Malra dan Eksotis Kei pada bulan November 2020 kemarin. Dari proses inilah kemudian maka Kemenparkref menggagas virtual tour bagi desa wisata yang eksis dan konsisten,” ungkap Thaher.

Bupati menambahkan, dasar terpilihnya desa Ngilngof dalam program itu juga karena status desa ini sendiri telah ditetapkan sebagai desa wisata sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 107 Tahun 2020 tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Maluku Tenggara.

Hanubun mengatakan, destinasi  wisata Ohoi Ngilngof memiliki keindahan dengan pasirnya yang unik. Selain itu terdapat pula kekhasan kuliner dan seni budaya yang patut untuk disuguhkan bagi para penikmat wisata.

Bagi Bupati MTH, untuk membangun Pariwisata Kei yang berkelanjutan maka diperlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, baik yang ada di dalam maupun di luar Kepulauan Kei.

Ia menegaskan, pengakuan nasional melalui Kemenparkref terhadap eksistensi desa wisata adalah prestasi yang membutktikan bahwa optimisme, konsistensi dan fokus merupakan faktor-faktor untuk meraih kusuksesan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, baik komunitas, media massa cetak dan elektronik local maupun nasional, dan pemerhati pariwisata serta stackholder lainnya yang selama ini telah mempromosikan pariwisata Kei,” ucap Hanubun. (Ghege)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar