Marrin News

Maksimalkan Pelayanan, Ini Strategi Kadis Dukcapil Tual

Kadisdukcapil Kota Tual, Bakri Kabalmay, SE


Tual, Marinnews.com – Di tengah berbagai keterbatasan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tual berupaya memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Kota Tual, Bakri Kabalmay, SE kepada Marinnews diruang kerjanya, Kamis (26/11/2020).

Secara spesifik Kabalmay menjelaskan kendala utama dalam memberikan pelayanan kepada warga yaitu keterbatasan personil, walaupun sebenarnya dirinya berkeinginan untuk menambah jumlah personil dengan merekrut tenaga honorer. Akan tetapi, Ia sangat paham dengan situasi keuangan daerah yang tidak memungkinkan.

Atas kendala tersebut pihaknya juga telah berkonsultasi dan melaporkannya, atas arahan Wali Kota Tual Adam Rahayaan S.Ag., M.Si pihaknya diminta agar bisa memaksimalkan dan memberdayakan seluruh tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi yang dipimpinnya. atas arahan tersebut Kabalmay menyampaikan apresiasi serta terima kasih kepada Wali Kota Tual karena dengan begitu kini pelayanan kepada warga bisa berjalan.

“Wali Kota (Tual) itu berharap bahwa ASN yang harus kita dorong, mereka harus bekerja, jangan cuma datang nonton lalu berharap pada pegawai honor, Pak Wali tidak mau seperti itu.” terang Kabalmay mengutip pernyataan Wali Kota Tual.

“Jadi, memang benar apa yang dikatakan Pak Wali. Buktinya, setelah Pak Wali mengatakan itu para ASN kini malah lebih bagus. Semua bagus dimana sebelumnya hanya berharap pada tenaga honorer, Jadi kita juga berterima kasih kepada Pak Wali Kota yang mendorong untuk ASN bisa bekerja,” Tambahnya.

Dengan begitu sambungnya, Kini masalah kekurangan tenaga personil bisa di siasati secara manajerial dengan mengajak semua pegawai untuk Maren (Gotong Royong) saat bekerja khususnya dalam melayani masyarakat.

“Jadi katong kerja di sini sekarang itu satu borong semua. umpamanya, saya di bidang TU karena tidak ada orang lagi (tidak ada masyarakat yang butuh pelayanan) bisa langsung turun untuk bantu bagian lain yang butuh. Begitu juga sebaliknya pas kerja seng ada dong langsung bantu di bagian lainnya,” jelasnya.

Meski sudah berusaha agar maksimal di tengah berbagai keterbatasan, Kabalmay mengakui bahwa pelayanan publik yang diberikan pihaknya pastilah belum memuaskan semua pihak. Oleh karena itu, Ia berharap agar masyarakat juga bisa bersabar saat dilayani.

“Terakhir saja saya pesan untuk warga masyarakat, yang mungkin datang pelayanan agak lambat, tolong dimaafkan. Dimaklumi karena pegawai-pegawai saya yang memang kurang sehingga berdampak pada pelayanan yang kurang maksimal,” pungkasnya berharap. (Nick Renleuw)


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar