Marrin News

Bupati Serahkan Bantuan Sosial Tunai Tahap 1 Kepada 6506 Keluarga

Bupati Malra M. Thaher Hanubun saat menyerahkan Bantuan Sosial Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat
Bupati Malra M. Thaher Hanubun saat menyerahkan Bantuan Sosial Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat


Langgur, Marrinnews.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap I kepada keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak secara ekonomi akibat penyebaran pandemi Covid-19 di Kabupaten Maluku Tenggara, berlangsung kantor PT. Pos Indonesia yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI sebagai penyalur, Jumat (8/5/2020).

Pantauan media ini selain Penyaluran secara simbolis kepada 6 perwakilan KPM, Bupati juga secara resmi melepas tim pengantar BST ke setiap wilayah Kecamatan.

Dalam sambutannya ia mengatakan,  tahapan proses administrasi bantuan sosial tunai dampak Covid-19 dilakukan melalui tiga tahap. Mulai dari proses pengajuan usulan, penginputan, import data hingga pengesahan dan penetapan yang ditetapkan dengan konsep by name by address.

“untuk penyaluran tahap I Bansos Tunai sebanyak 6.506 keluarga, tahap II sebanyak 7.522 Keluarga dan Tahap III sebanyak 8.014 Keluarga. Jumlah bantuan yang akan diterima yakni selama 3 bulan, dimulai April, Mei dan Juni (tahap I) dengan besar dana bantuan sebesar Rp. 600.000 setiap tahapan,” Terangnya.

Hanubun berharap, warga masyarakat penerima bansos tunai dapat menggunakan dana dengan sebaik- baiknya guna memenuhi kebutuhan keluarga khususnya pemenuhan gizi yang memadai. Dengan begitu, dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi wabah bencana non alam covid-19 di daerah ini.

“Bagi segenap warga masyarakat, saya minta untuk selalu mengikuti arahan dari pemerintah dan gugus tugas penanganan covid 19 Kabupaten Malra. Tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak/phisical distancing dan selalu menjaga kesehatan pribadi dengan menjaga imunitas tubuh,” imbaunya.

Atas bansos tunai tersebut, Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Sosial RI yang telah merespon dengan baik permintaan Pemkab Malra terkait penambahan program PKH, BPNT dan penyaluran Bantuan Sosial Tunai melalui PT Pos Indonesia, Bank BRI dan Bank BNI.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan saya juga kepada Pimpinan dan Jajaran PT POS yang ditunjuk sebagai penyalur bantuan sosial tunai kepada masyarakat. Saya berharap, kiranya pelaksanaan penyaluran bantuan sosial tepat waktu, tepat orang dan lancar,” pungkas Hanubun.
Bupati Malra M. Thaher Hanubun bersama Kepala Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Tual-Malra
Bupati Malra M. Thaher Hanubun bersama Kepala Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Tual-Malra Mohtar Ashary

Sementara itu, Kepala Kantor PT. Pos Indonesia cabang Malra-Tual Mohtar Ashary mengatakan, sistem penyaluran bansos tunai dilakukan menggunakan sistem pengantaran langsung oleh tim penyalur PT. Pos. Selain itu, bisa diambil langsung di loket kantor Pos setempat atau melalui kantor Camat atau Balai Ohoi-desa.
“Untuk itiu, saya sudah minta ke Pa Bupati agar meminta ke para Camat supaya bisa berperan dalam hal ini. Saya pastikan bansos ini semua akan tersalurkan kepada KPM yang berhak menerimanya,” katanya.

Menurut Ashary, penyaluran bantuan hari ini dilakukan di wilayah kecamatan Kei Kecil dan Kei Kecil Timur. Pada hari selanjutnya di wilayah Kei Kecil Timur Selatan dan Kei Kecil Barat.

Ia meyebut, untuk wilayah Kei Kecil sebanyak 2.951 KPM, dengan rincian Kecamatan Kei Kecil sebanyak 696 KPM, Kei Kecil Timur (KKT) 564 KPM, Kei Kecil Timur Selatan (KKTS) 239 KPM, Kei Kecil Barat (KKB) 492, Hoat Sorbay 547 KPM, Manyeu 413 KPM. Sementara total untuk wilayah Kei Besar sebanyak 2.390 KPM. (Gerry)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar