Marrin News

57 Warga PP Dipulangkan, Pemda Malra Minta Tak Ada Stigmatisasi

Kepala BPBD Malra Mohtar Ingratubun secara resmi memimpin pemulangan 57 Pelaku Perjalanan yang mengikuti karantina terpusat

Langgur, Marrinnews.com – Sebanyak 57 warga Maluku Tenggara yang dikarantina di SMP Unggulan-Pokarina dan Hotel Langgur karena antisipasi paparan virus Corona dipulangkan hari ini, Sabtu (25/4/2020).

Proses pemulangan ke 57 warga pada dua lokasi tersebut dipimpin oleh Kepala BPBD Malra, Mohtar Ingratubun. Selanjutnya, mereka diserahkan ke para Camat untuk kemudian diantar ke desa atau keluarga masing-masing.

Selaku Tim Gustu Penanganan Covid 19 Malra, Ingratubun mengingatkan agar masyarakat tak perlu khawatir dengan kondisi para warga ini. Dia juga meminta agar tak ada stigmatisasi terhadap mereka.

"Mereka yang dikarantina itu bukan berarti terinfeksi virus corona, tapi memastikan mereka terpapar atau tidak. Dan hasilnya mereka semua sehat tak terpapar," tegasnya.

Ingratubun memastikan, seluruh warga (pelaku perjalanan) yang dipulangkan itu dalam kondisi sehat.

Mohtar menjelaskan, tim medis telah melakukan observasi terhadap setiap orang selama masa karantina 14 hari. Dari hasil observasi itu menunjukkan tak ada gejala terinfeksi virus corona.

"Sebelum mereka dipulangkan, tim dokter juga telah memeriksa kesehatan mereka dan hasilnya baik-sehat. Kepada mereka juga telah diberikan surat keterangan medis dari tim dokter. Untuk itu, ke 57 orang tersebut bisa kembali berkumpul dengan keluarganya masing-masing," tegasnya.

Mohtar pun mengimbau, masyarakat Malra agar  tidak khawatir berlebihan menanggapi kepulangan warga tersebut dan dapat menerima kehadiran mereka.

Meski begitu, Ingratubun tetap mengingatkan seluruh pelaku perjalanan maupun masyarakat lainnya agar tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Masyarakat harus mendukung kebijakan dan upaya Pemerintah dalam meminimalisasi sebaran corona. Tetap menjaga jarak (phsycal distancing) dan pake masker saat beraktivitas di luar rumah. Dengan begitu, kita semua di daerah ini dapat terhindari dari wabah Corona,” pintanya.

Untuk diketahui, 57 warga yang dipulangkan tersebut masuk karantina terpusat pada tanggal 12 April 2020.

Mereka diantaranya, 30 orang dari lokasi karantina SMP Unggulan. Masing-masing, 11 orang dari Kecamatan Kei Kecil, Kei Kecil Timur Selatan 2 orang, Kei Besar 13 orang, Kei Besar Utara Timur 1 orang, Kei Besar Utara Barat 2 orang, Kei Besar Selatan 5 orang.

Sedangkan 27 orang dari lokasi karantina hotel Langgur. Masing-masing diantaranya, Kecamatan Kei Kecil 15 orang, Hoat Sorbay 1 orang, Kei Kecil Timur 3 orang dan Kecamatan Kei Besar 8 orang. (Gerry)





Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar