Marrin News

Update Covid-19 Kota Tual (Minggu 29/03/2020).

Pasien ODP 8, PDP 2 Orang. Rekomendasi Tim Penumpang Kapal Akan Dikarantina

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Azis Reliubun (tengah) didampingi Sekretaris Moksen Ohoiyuf  (Kanan) dan Wakil Ketua dr. Betty Zubaedah (Kiri).

Tual, Marrinnews.com.- Tim Satuan Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tual  berdasarkan informasi yang diterima dari tim medis,  Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kota Tual sebanyak 8 orang, 6 orang masih dalam Pengawasan 2 Orang dinyatakan sehat Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Azis Reliubun dalam Konferensi Pers di Posko Tim pada Kantor Dinas Kesehatan Kota Tual, Minggu (29/02/2020).

“Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sendiri bertambah menjadi 2 orang diantaranya bayi Perempuan berusia usia 8 bulan dan bayi laki laki berusia 10 bulan yang saat ini telah dirawat di RSUD Karel Satsuitubun Langgur,” Jelasnya.

Dijelaskanya pasien PDP pertama yang rujuk dari Puskesmas Un Tual yaitu bayi berusia 8 bulan saat ini kondisinya mulai membaik, sementara pasien kedua yang baru ditetapkan pada Minggu (Hari ini) awalnya dibawah ke RS Hati Kudus Langgur dan setelah menjalani pemeriksaan kemudian di rujuk ke RSUD Karel Sadsuitubun (KS) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dengan status PDP.

"Pasien kedua kini telah ditangani tim medis dan RSUD KS Langgur disepakati menjadi rujukan pasien PDP sesuai dengan SOP  yang telah disepakati tim Gugus Tugas Tual dan Malra,” Ungkapnya.

Bagi pasien dengan status ODP selain di rawat pada RS. Maren Hi. Noho Renuat Kota Tual juga pada RS Hati Kudus Langgur Kabupaten Malra.

Pemberlakuan Karantina Bagi Penumpang Kapal

Guna mencegah penyebaran Covid -19, sesuai kesepakatan Tim Covid-19 Kota Tual dan Maluku Tenggara akan dilakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang datang dari Papua dengan menggunakan kapal KM. Tidar juga penumpang asal Jakarta, Surabaya, Makasar, Bau-bau, Ambon Banda dengan KM. Ngapulu yang direncanakan tiba pada Senin (30/03) dan Selasa (31/03).

Sesuai hasil rekomendasi Tim Gugus Kota Tual dan Kabupaten Malra penumpang yang akan tiba akan langsung dikarantina secara terpusat dengan lokasi yang telah ditentukan.

“Saat ini Tim gabungan tengah melakukan persiapan dan kesiapan bagi penumpang yang nantinya akan dikarantina,” (MN_86)



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar