Marrin News

Pelantikan Pimpinan DPRD, Wali Kota Berharap Kemitraan berlangsung Harmonis

Foto bersama usai pengambilan Sumpah Pimpinan DPRD Kota Tual

Tual, Marrinnews.com.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan Masa Jabatan 2019-2024 yang berlangsung di ruang utama DPRD Kota Tual pada Kamis tanggal 28 November 2019.

Pantauan Media ini Pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kota Tual masa jabatan 2019-2024 di buka Oleh Ketua DPRD Kota Tual,Hasan S Borut S.E dilanjutkan dengan pembacaan Surat Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Nomor: 287 Tahun 2019 tentang peresmian dan pengangkatan pimpinan DPRD Kota Tual yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan Abdul Hamid Latar.

 Setelah pembacaan surat keputusan di lanjutkan pengambilan sumpah dan janji pimpinan DPRD Kota Tual masa jabatan 2019-2024 diantaranya Hasan Syarifudin Borut dari Partai (PKS) sebagai Ketua DPRD Kota Tual, Ali Mardana asal Partai (Nasdem) sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Tual, Wakil Ketua Fitri Rahmi A, Rahman Notanubun dari Partai (PDI) yang di pimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Kota Tual, Ali Murdiat SH. MH di ikuti Penandatanganan sumpah janji pimpinan DPRD Kota Tual masa jabatan 2019-2024.
 Ketua DPR Kota Tual Hasan S Borut SE dalam sambutanya mengatakan kedudukan dan jabatan hanya sebagai amanah untuk berjuang mencapaian tatanan hidup yang lebih maju, adil dan sejahtera.
“Untuk itu, semoga di bawah kepemimpinan kami, tetap memposisikan diri sebagai lembaga reprensentasi rakyat yang benar di percaya dan menjadi harapan seluruh Rakyat Kota Tual,” Paparnya.
Pengambilan sumpah dan janji pimpinan DPRD Kota Tual masa jabatan 2019-2024 diantaranyaHasan Syarifudin Borut dari Partai (PKS) sebagai Ketua DPRD Kota Tual, Ali Mardana asal Partai (Nasdem) sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Tual, Wakil Ketua Fitri Rahmi A, Rahman Notanubun dari Partai (PDI-Perjuangan) yang di pimpin langsung Ketua Pengadilan Negri Tual Ali Murdiat SH. MH.

Dirinya berharap agar sinergitas dan Keharmonisan antara Pimpinan, Anggota DPRD dan Pemerintah Kota Tual, serta seluruh pemangku kepentingan Masyarakat kota Tual yang di bangun selama ini,tetap terbingkai di dalam filsafah Ain Ni Ain.
Mengakhiri sambutannya Borut juga menyampaikan capaian selama dua bulan menjadi pimpinan sementara diantaranya telah memfasilitasi jalannya paripurna pembentukan Fraksi, Pansus Tata tertib dan Kode Etik DPRD Kota Tual.
“Tiga fraksi tersebut antara lain, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Indonesia Maju dan Fraksi Tual Bangkit,” Jelasnya.
Sementara itu  Wali Kota Tual Adam Rahayaan dalam kesempatan tersebut mengatakan, Pemerintah daerah sebagai bagian dari komponen penyelenggara pemerintah daerah tidak dapat berbuat lebih untuk rakyat, karena DPRD merupakan lembaga demokrasi, representasi dan lembaga legislasi yang berhak memberikan persetujuan terhadap berbagai rencana program dan kegiatan yang dilaksanakan kepentingan rakyat.
“Dengan kata lain tanpa pimpinan DPRD dan kelengkapnnya maka segala regulasi yang hendak dilakukan akan mengalami stagnasi,” jelasnya.
Wali Kota Tual juga memberikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Tual masa bakti 2014-2019. pikiran cerdas dan daya inovasi sambungnya saja tidak cukup sebagai prasyarat dalam menanggapi tuntutan kondisi dinamis masyarakat dan daya saing, tetapi sangat diperlukan kemitraan harmonis antara DPRD dan kepala daerah beserta perangkatnya.
“Kami minta dukungan dari segenap dewan yang terhormat untuk merespon berbagai tuntutan pelaksanaan mekanisme pemerintahan dalam rangka kelancaran pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.
Dengan momentum pelantikan ini, sangat diharapkan agar kemitraan DPRD dan pemerintah daerah mampu mendorong kinerja yang optimal dalam menjalankan tugas dan fungsi lembaga DPRD dengan sebaik baiknya.
“Disisi lain, perangkat pemerintah daerah juga hendaknya bertindak lebih cepat, tanggap dan mampu membina kerjasama yang baik, bersinergis dengan segenap pimpinan dan anggota DPRD dengan memperhatikan landasan norma standar dan prosedur atau mari kita sama sama tunduk dibawah prinsip rule of law,” kata Wali Kota Tual. (MN_86)
Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar