Marrin News

Wawali Buka Bursa Pertukaran Inovasi Desa

Foto Bersama

Tual, Marrinnews.com.- Kehadiran Dana Desa telah memicu semangat desa untuk bergerak membangun dan untuk lebih meningkatkan maknanya bagi masyarakat desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi berupaya mendorong kreativitas dan daya inovatif Desa dalam merencanakan, hingga membelanjakan secara umum melalui sebuah program yang disebut Program Inovasi Desa (PID) Hal Tersebut dikatakan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge saat membuka Bursa Peningkatan Inovasi Desa dengan tema Menggugah Komitmen, Menggerakkan Desa, Menuju Kota Tual Inovatif di Pendopo pada Sabtu 3 Agustus 2019.

“ PID ini tidak membawa misi bagi-bagi uang kepada desa, tapi berusaha menumbuhkan daya kreasi dan inovasi ke dalam kerangka kebijakan pembangunan desa,” Tegasnya.
Wakil Walikota Tual Usman Tamnge 

Dengan kata lain mendorong pelembagaan inovasi dalam kerangka dan struktur kebijakan dan pembangunan desa, sehingga struktur perencanaan dan distribusi pembelanjaan Dana Desa benar-benar dilakukan dengan cara ataupun terobosan yang kreatif dan inovatif, serta benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

“ Caranya yaitu, cerita-cerita sukses desa membangun yang disampaikan ke  desa-desa lain, yang lemah ataupun tertinggal dalam hal kreativitas membuat program dan kegiatan,” Pintanya.

Penyematan Pin oleh Tim Inovasi Desa

Karena sambungnya, pembangunan yang kreatif dan inovatif merupakan salah satu media tukar menukar cerita keberhasilan ini, yakni melalui Bursa Inovasi Desa (BID) yang merupakan salah satu kegiatan dari Program Inovasi Desa, yang Alhamdulillah telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tual sejak tahun 2018 hingga tahun 2019 ini.

Dijelaskanya  di Bursa Inovasi Desa inilah antardesa bisa saling belajar, Desa yang tertinggal dapat belajar pada desa yang maju, Desa yang minim inovasi bisa belajar dari desa yang kaya dengan pengalaman praktik inovatif.

“ dari tukar menukar pengalaman ini diharapkan mampu mendorong pelipatgandaan ide-ide kreatif, sehingga item-item belanja Dana Desa kelak terwarnai oleh rancangan program/kegiatan yang memiliki bobot inovasi cukup baik dari keadaan sebelumnya,” Harapnya.
 
Rombongan saat mengunjungi Satand Bursa Pertukaran Inovasi Desa
Pantauan wartawan setelah dibuka secara resmi, Wakil Walikota Usman Tamnge bersama Kadis BPMPD Gufroni Rahanyamtel disematkan Pin oleh Tim inovasi desa dan dilanjutkan dengan mengunjungi stand Bursa diantaranya Bursa Infrastruktur, Kewirausahaan dan ekonomi serta Bursa Sumber Daya manusiayang nantinya akan dipilih oleh Desa dan ditindaklanjuti dalam musrembangdes sehingga perencanaan serta pembangunan di Desa dapat terarah sesuai potensi yang ada dimasing masing Desa.


Hadir dalam kegiatan tersebut OPD lingkup Pemkot Tual, Kepala Desa, BPD serta undangan lainya. (MN_86).

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar