Marrin News

Pentingnya Pendidikan Dan Kebudayaan Dalam Ekosistem Pendidikan

Wakil Walikota Tual Usman Tamnge saat memimpin Upacara Peringatan Hardiknas 
Tual, Marrinnews.com.- Wakil Walikota Tual Usman Tamnge bertindak selaku Pembina Upacara dalam peringatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dilangsungkan dipelataran kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual Kamis 2 Mei 2019.

Sambutan mentri pendidikan yang dibacakan Tamnge mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberi perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal Bahkan memberi perhatian khusus pada pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di luar batas negara, seperti anak-anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak, negara bagian Malaysia.

Direncanakan setelah pembangunan infrastruktur kedepan pemerintah akan memfokuskan pada pembangunan sumber daya manusia maka dengan tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

“Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan,” Pinta Mentri.

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

“ Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi,” Ujarnya.


Hal ini perlu dilakukan sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,  Selanjutnya atas nama pemerintah, Mentri  menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. (MN_86)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar