Marrin News

Dinkes Tual Gelar Workshop Manajemen Puskesmas


Kadis Kesehatan dr.Bety Zubaidah Saat memberikan sambutan sekaligus membuka Workshop Manajemen Puskesmas diaula walikota Jumat (1/03/2019) 

Tual, Marrinnews.com.- Dinas Kesehatan Kota Tual menggelar Workshop Manajemen Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang dilangsungkan di Aula Kantor Walikota pada Jumat 1 Maret 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Tual dr. Betty Zoebaidah dalam sambutanya sebelum membuka workshop kepada peserta mengatakan berdasarkan Permenkes No 75 Tahun Tahun 2016 tentang Puskesmas merupakan unit pelaksana tekhnis Kabupaten dan Kota yang bertanggung jawab di wilayah kerjanya, Puskesmas berperan menyelenggarakan upaya kesehatan untuk  meningkatkan kesadaran dan kemampuan sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal.


“dengan demikian Puskesmas bergerak sebagai pusat pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pembangunan pemberdayaan keluarga dan masyarakat serta pusat pelayanan kesehatan strata pertama, “ Ujarnya. 

Agar penyelenggaraan Puskesmas dapat berjalan secara optimal sambungnya, Maka Puskesmas harus melaksanakan manajemen puskesmas dengan baik, manajemen Puskesmas adalah rangkaian yang direncanakan secara sistematis untuk menghasilkan luaran puskesmas secara efektif dan efisien. 

“Sehingga diharapkan manfaat dari kegiatan workshop hari ini ialah untuk memberikan petunjuk untuk menyelenggarakan upaya kesehatan secara efektif dan efisien demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan, “ Pintanya. 

Selain itu puskesmas dapat dengan mudah melakukan pengawasan dan pertanggungjawaban juga dengan mudah mengidentifikasi dan menganalisa hambatan serta peluang serta dukungan potensi yang ada diwilayah kerjanya. 

“ Untuk itu adanya sinergitas antar puskesmas dan lintas program lintas sektor dan dinas kesehatan perlu ditingkatkan melalui peningkatan manajemen penajaman dan perampingan dalam pelaksanaan program dan kegaitan di puskesmas, “ Jelasnya. 

Hal ini sangat penting dilakukan oleh puskesmas guna mencapai standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan yang telah ditetapkan sebagai indikator keberhasilan daerah. 

“ semoga kegiatan ini dapat memberikan rumusan rumusan yang positif, dapat membawa kemajuan dan perbaikan pada kesehatan di Kota Tual, “ Harapnya.

Kegiatan workshop tersebut direncanakan berlangsung selama 3 hari dengan peserta berjumlah 30 orang yang diantaranya kepala puskesmas dan Petugas SP2TP se Kota Tual. (MN_86) 



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar