Marrin News

SIDAK Pasar Tual, Tamnge Temukan Beberapa Aset Pemkot Dikomersilkan

Wakil Walikota Tual Usman Tamnge Saat berdialog dengan Pedagang yang berjualan didalam WC Umum

Tual, Marrinnews.com.- Wakil Walikota Tual Usman Tamnge melakukan Inspeksi Mendadak (SIDAK) ke Pasar Tual, Jumat (4/02/2019) sekitar pukul 14.00 WIT.

Tamnge tiba di pasar Tual bersama Kabag Humas dan Protokel Moksen Ohoiyuf dan Anggota DPRD Partai PKS Lukman Halim, Usai menanyai beberapa pedagang di Pasar Tual, Tamnge mengaku bahwa ia sengaja datang untuk melihat kondisi pedagang maupun pembeli dalam bertransaksi, dan ternyata ada beberapa aset milik Pemkot yang dikomersilkan untuk kepentingan pribadi.

" Saya kesini untuk melakukan pengecekan terhadap aktifitas di pasar baik itu para pedagang maupun masyarakat, ternyata banyak aset yang telah dikomersilkan,” sesal Tamnge kepada wartawan di ruang kerjanya usai melakukan sidak.

" Tadi ada WC Umum yang dibangun Pemkot namun telah disewakan kepada Pedagang untuk berjualan di pintu masuk WC Umum dan WC Umum untuk buang air kecil dan besar juga dipungut, ini tidak bisa dibenarkan,” Ujarnya.

Selain itu, Tamnge juga temukan lahan milik Pemkot di mana tempat berjualan dibangun sendiri oleh pedagang namun biaya sewa tanahnya disetor pedagang terhadap pribadi bukan ke Pemkot.


“Besok saya akan menggelar rapat dengan dinas terkait guna meminta penjelasan terhadap temuan tersebut dan juga meminta penjelasan terkait pengelolaan pasar seperti apa, pemasukan untuk daerah itu apakah memang sudah diinventarisir dengan baik, apakah dari penarikan biaya sewa masuk ke PAD kita atau tidak” Tegasnya.


Dijelaskannya, apabila ternyata dari hasil rapat besok pembayaran sewa tanah oleh pedagang pasar bukan ke Pemkot tapi ke Pribadi maka dirinya berjanji akan mengeluarkan surat edaran pemberhentian pembayaran sewa atas tanah. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar