Marrin News

Koperasi dan UKM Malra Berkembang, Pertumbuhan Ekonomi Capai 5 Persen

Bakrie Syarief Asyatri

Marrin News, Langgur.- Perkembangan aktivitas koperasi Khususnya Usaha Kecil Mikro Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dinilai berkembang. Penilaian ini seiring tumbuhnya 400 koperasi dan 8 ribu UMKM yang menopang perekonomian di daerah berjuluk 'Bumi Larvul Ngabal' itu.

Kepada Wartawan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku Bakrie Syarief Asyatry memaparkan sesuai data yang dimiliki, perkembangan koperasi dan UMKM di Kabupaten Malra bertumbuh. Hal ini terlihat dengan adanya UMKM sebanyak 8 ribu, atau 22 persen dari jumlah presentase UMKM di Maluku. Sedangkan, koperasi aktif mencapai 400 koperasi.

"Jumlah UMKM dan koperasi di Maluku Tenggara hampir sama jumlah koperasi di kabupaten Maluku Tengah dan di Kota Ambon. Kondisi ini menunjukan pertumbuhan ekonomi cukup tinggi," papar Syarief saat ditemui di Langgur, pekan lalu.

Banyaknya koperasi dan UMKM turut mendorong pertumbuhan ekonomi. Tercatat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malra berkisar 5 persen, selisih tipis dengan Kota Ambon yang mencapai 6 persen.

"Angka 5 persen, menunjukan pertumbuhan ekonomi yang maju.Kami apresiasi kinerja pemerintah daerah. Kita siap mendukung koperasi melalui kordinasi dan pendampingan. Apabila ada koperasi yang ajukan bantuan ke pusat, kita akan turut mengawalnya,"pujinya.

Dia berharap, Pemkab Malra terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik itu dan didukung perkembangan koperasi serta UMKM yang nantinya akan membantu mensejahterahkan masyarakat di daerah tersebut.

"Harapan saya, komitmen pemerintah daerah dibawa kepemimpinan Bupati Malra Anderias Rentanubun, dan jajarannya untuk dapat meningkatkan alokasi anggaran pemberdayaan 30 persen, dan belanja pegawai dikurangi," Tutupnya. (MN_TEAM)





Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar