Marrin News

Buka MTQ Ke - 27 Kabupaten Malra



Bupati, Alqur’an Sebagai Pedoman, Falsafah Dalam Kehidupan Masyarakat


Ir. Anderias Rentanubun
Marrin News, Langgur.- Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-27 se-Kabupaten Maluku Tenggara yang dilaksanakan di pelataran LPP RRI Tual Jumat (17/3).

Pembukaan di awali dengan parade kafilah dari 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malra diiringi dengan Marching Band Madrasah Tsanawiyah Negeri Kei Kecil, turut hadir dalam acara pembukaan Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun, Wakil Bupati Malra Drs. Yunus Serang, Sekda Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, Ketua panitia MTQ ke-27 Kabupaten Maluku Tenggara Mohtar Ingratubun, Kepala Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Maluku Tenggara Ahmad Yani Rahawarin, pimpinan SKPD Kabupaten Maluku Tenggara, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, pimpinan DPRD Kabupaten Malra dan Kota Tual serta masyarakat Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun saat menyampaikan sambutan mengatakan betapa mulianya kedudukan Alqur’an dan makna yang terkandung didalamnya, mendorong kita agar senantiasa terus menghidupkan tradisi mencintai Alqur’an.

Alqur’an bukan hanya sebatas dibaca, namun harus dapat dipahami sehingga dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin kita dalami Al-Qur'an, akan tumbuh sebuah keyakinan yang hakiki akan kebenarannya.

Sebagaimana diketahui bersama, krisis akhlak sudah begitu melanda sebagian masyarakat kita terutama di kalangan remaja. Harus ada upaya sadar dan konstruktif dari seluruh komponen untuk dapat menjadikan nilai-nilai Alqur’an sebagai pedoman, falsafah serta mewarnai kehidupan masyarakat.

Keinginan serta upaya meningkatkan tradisi mencintai Alqur’an harus dapat ditumbuhkembangkan sedini mungkin dimulai dari lingkungan keluarga sampai masyarakat luas.

"Untuk itu melalui pelaksanaan MTQ ini, sedapatnya menjadi wahana dan momentum untuk memberikan motivasi kepada kita untuk membumikan Alqur’an, melakukan evaluasi dan introspeksi diri tentang sejauhmana kesesuaian perbuatan, tindakan serta perilaku kita dengan nilai nilai kandungan Alqur’an," ujarnya.

Bupati Malra Saat Membuka Secara Resmi MTQ Ke 27 .
Makna tersebut relevan dengan tema pelaksanaan MTQ ke-27 kali ini yakni 'Membumikan Al-Qur'an Untuk Kedamaian dan Keselamatan Bersama'. Kedamaian dan Keselamatan adalah merupakan citacita kita bersama, dan untuk mencapainya tidak hanya mengandalkan peran pemerintah daerah semata namun mutlak diperlukan dukungan seluruh komponen masyarakat.

Masyarakat yang dilandasi nilai-nilai Qur’ani adalah kekuatan besar kita dan merupakan kunci dari sebuah akselerasi program pembangunan Maluku Tenggara.

Direncanakan dari hasil Musabaqah ini, akan dapat dipilih Qori dan Qori’ah terbaik guna persiapan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Maluku di Kabupaten Buru Selatan beberapa waktu mendatang.

"Oleh karenanya seluruh peserta dapat tampil semaksimal mungkin," harap Rentanubun.


Acara ini juga dimeriahkan oleh Paduan suara Cantemus Chor dibawah pimpinan Petronela Safsafubun Ohoira dan Paduan suara Tiberias Choir dibawah pimpinan Stenly Kadtabalubun, serta fashion show busana muslim oleh pemuda Perumnas Ohojang. (MN_Team)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar