Marrin News

Kukuhkan Satgas Saber Pungli

Walikota : Pemberantasan Praktik Pungli Harus Mampu Menimbulkan Efek Jera 

Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag Saat Mengukuhkan Satber Pungli Kota Tual


Marrin News, Tual.- Walikota Tual Adam Rahayaan mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) lingkungan Kota Tual berlangsung di Aula Kantor Walikota Tual Kamis (12/1) kemarin.

Pengukuhan yang melibatkan perwakilan Pemerintah Kota Tual, Polres Maluku Tenggara, dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tual itu diketuai oleh Waka Polres Maluku Tenggara Kompol Rosita Umasugi. 

Walikota Tual Adam Rahayaan, saat menyampaikan sambutan usai pengukuhan tersebut mengatakan,  penataan pembangunan di bidang hukum terus menerus diupayakan. Hal ini terindikasi dengan telah diterbitkannya paket reformasi kebijakan di bidang hukum yang diharapkan bisa memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan dan kepastian hukum.

“ Ada tiga hal yang menjadi fokus pemerintah, yang mencakup penataan regulasi, pembenahan lembaga dan aparatur negara, serta pembangunan budaya hukum. Sementara sasaran yang dituju adalah pelayanan publik, penanganan kasus, penataan regulasi, pembenahan manajemen perkara, penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan kelembagaan dan pembangunan budaya hukum,” Ujarnya

Ketua Saber Pungli Kota Tual Wakapolres Rosita Umasugi Saat Dikukuhkan
Sedangkan sambungnya, pemberantasan pungli masuk sebagai salah satu program dalam paket reformasi kebijakan dimaksud yang dinilai membutuhkan pcrcepatan perubahan, dan program inipun mulai diwacanakan dan diwujudkan.

Menurutnya Pungli telah benar-benar merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, mulai pungli terhadap pelayanan-pelayanan publik sampai pada pungli jabatan dan lain sebagainya, yang kesemuanya itu sangat meresahkan masyarakat.

“Pemberantasan pungli perlu dipahami bukan saja menjadi kewajiban pemerintah pusat namun juga seluruh pemerintah daerah dengan dukungan segenap pihak yang ada di daerah untuk membawa perubahan yang signifikan, terpadu, terarah, dan terintegrasi daIam penanggulangan pungutan liar dalam segala model dan latar belakangnya,” ujar Walikota.

Pemberantasan praktik pungli harus dilakukan secara tegas, tarpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera. Semua pihak harus menyandarkan kepercayaannya yang penuh kepada Satgas Saber Pungli untuk mengoptimalkan pemberantasan pungli menembus semua sekat tanpa terkecuali.

“Kepada Satgas Saber Pungli Kota Tual yang baru saja dikukuhkan, saya ingatkan bahwa Tugas kita sangatlah berat. Namun kita harus yakin kita dapat menjalankannya dengan baik. Satgas Saber Pungli Kota Tual tidak hanya melakukan OTT (Operasi Tangkap Tangan), tapi juga mampu memberikan wawasan dan pemahaman pada masyarakat betapa sangat pentingnya masyarakat sadar dan mengerti akan bahaya Pungli dan pentingnya masyarakat melaporkan jika terjadi Pungli,” tukasnya.

Walikota berharap, Tim Satgas Saber Pungli Kota Tual juga harus mampu melakukan inovasi-inovasi agar Pungli tidak sampai terjadi. Hal itu bisa dengan mengkampanyekan sistem Online pada semua pelayanan-pelayanan, yang tentu harus didukung penuh dari kemampuan APBD Kota Tual.(MN_Team)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar