Marrin News

Launching Aplikasi Maren Berbasis Android

Walikota : Sistem Aplikasi Penting Dalam Memberi Layanan Kepegawaian

Walikota Tual Adam Rahyaan S,Ag Saat Launching Aplikas Maren
Marrin News, Tual.- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tual menyelenggarakan launching pengelolaan kearsipan berbasis teknologi informasi android yang dinamakan “Aplikasi Maren” di lingkungan Pemerintah Kota Tual yang berlangsung di Aula Kantor Walikota Tual Sabtu (19/11).

Walikota Tual Adam Rahayaan dalam sambutannya mengatakan Dalam bidang kepegawaian, reformasi birokrasi secara nasional mengarahkan pembinaan dan pengembangan pegawai dengan merit. Perwujudan sistem merit tersebut perlu didukung oleh perubahan sistem tata kelola, penataan regulasi bidang kepegawaian, pengembangan database informasi kepegawaian dan pengelolaan tata naskah kepegawaian melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Menurutnya Tingginya ekspektasi akan layanan kepegawaian yang cepat, tepat, efektif dan efisien, menuntut para pengelola SDM baik di pusat maupun di daerah untuk senantiasa melakukan inovasi yang berdaya guna dalam rangka menciptakan sistem layanan kepegawaian yang terintegritasi dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini merupakan salah satu pemicu bagi Pemerintahan Kota Tual untuk mengembangkan sistem pengelolaan naskah dinas dan kearsipan berbasis teknologi informasi dengan memanfaatkan aplikasi android.

Selain itu, mengingat Kota Tual merupakan wilayah yang memiliki faktor kesulitan geografis dan rentang kendali tersendiri, sehingga diperlukan adanya sistem informasi yang dapat diakses secara langsung oleh stakeholder dimanapun berada baik dalam daerah maupun diluar daerah dan tidak terkecuali bagi yang sedang di wilayah kepulauan Tayando dan Kur.

“Dengan dasar tersebut, maka pembangunan sistem aplikasi dalam pengelolaan kearsipan berbasis android merupakan salah satu terobosan penting dalam upaya memberi layanan kepegawaian dengan cepat, tepat, efektif dan efesien,” harap Rahayaan.

Sementara itu Kepala BKD Kota Tual Muhammad Yani Renuat disaat yang sama mengatakan tujuan dari launching ini adalah untuk memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan dimana saja pimpinan daerah berada untuk dapat melakukan disposisi pelayanan surat yang sangat di butuhkan dan ditindak lanjuti kepada masyarakat  Sehingga dengan sistem android yang kita angkat sebagai sebuah inovasi program melalui Diklat Pim II.

“ jadi ketika pimpinan berada di luar daerah dan menerima surat masuk yang dapat ditindaklanjuti maka bisa saja dapat disampaikan kepada pimpinan, kemudian kepala daerah disposisi melalui teknologi informas sehinga dengan demikian pelayanan pemerintahan tidak terhambat oleh dimensi waktu dan tempat “ ujar Renuat

Kepala BKD Kota Tual Muhamad Yani Renuat
Lanjut Renuat aplikasi tersebut nantinya akan dilengkapi dengan sebuah fitur tentang akuntabilitas kinerja dimana setiap apa yang dikerjakan oleh pimpinan SKPD dapat dilaporkan secara otomatis dalam jangka waktu satu minggu, sehingga kepala daerah bisa mengakses kinerja pimpinan SKPD dalam melakukan pekerjaan selama satu minggu sampai seterusnya, sehingga mempermuda pengendalian sistem kerja pemerintahan dengan baik.

”Kemudian salah satu fitur nantinya memuat buletin terkait dengan informasi ketentuan peraturan-peraturan yang dimuat, sehingga kepala daerah dapat mengakses dengan lebih mudah untuk menjawab tuntutan akuntabilitas pemerintahan, nah inilah harapan proyek perubahan yang kami peroleh dari Diklat Pim II sehingga kami tindak lanjuti dan akan dipertanggungjawabkan pada saat nanti kami lakukan ujian yang dihadiri oleh Mentri PAN dan RB serta Ketua Lembaga Administrasi Negara di Jakarta,” katanya

Pantauan Wartawan Kegiatan tersebut melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat serta Lurah se-Kota Tual dan dihadiri oleh Walikota Tual Adam Rahayaan, didampingi Kepala BKD Kota Tual Muhammad Yani Renuat. (RK_86)


Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar