Marrin News

Pj. Wali Kota Tual Sebut Polikant Punya Kontribusi Besar dalam Pembangunan


Penulis | Editor: Gery Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Pj. Wali Kota Tual A. Yani Renuat menyebut kehadiran kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) telah berkontribusi besar bagi kemajuan Kota Tual.

Hal tersebut Renuat sampaikan dalam sambutannya pada acara wisuda Diploma dan Sarjana Terapan Polikant di Gedung LPTQ Tual, Rabu (22/11/2023).

“Kehadiran Polikant telah membantu pemerintah daerah, dengan pelayanan dan gagasan yang cerdas untuk mendorong pertumbuhan perekonomian daerah dengan berbagai kegiatan,” ungkap Renuat.

Renuat pun menyebut sejumlah kontribusi Polikant bagi kemajuan Kota Tual. Salah satu sumbangsih nyata adalah menghasilkan lulusan profesional di bidang kelautan, perikanan, dan pariwisata, yang memberi andil pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tual.

Kemudian, lanjut Pj. Wali Renuat, Polikant tidak hanya meningkatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di kampus, melainkan telah mengkolaborasi pengetahuan, sikap dan keterampilan kepada masyarakat di Tual dalam hal pengelolaan sumber daya perikanan yang lebih modern.

Renuat menambahkan, Polikant juga telah melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan budidaya perikanan, penangkapan ikan, pengolahan perikanan, bisnis perikanan, dan lan-lain.

“Termasuk membantu mempromosi alam bawah laut pada spot-spot (titik-titik) baru pariwisata Kota Tual. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Direktur Polikant dan jajarannya,” ungkap Renuat.

Meski demikian, Pj. Wali Renuat mengakui, jika dilihat secara luas, maka masih terdapat masalah pada rendahnya kualitas dan tingkat pendidikan dan keahlian yang belum memadai.

Sebab itu, pada kesempatan itu, ia juga menegaskan kepada wisudawan Polikant, agar sudah harus siap membantu memecahkan kompleksitas laut Tual yang luas.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar