Marrin News

Kompetisi Futsal-Bola Voli “Bupati Cup 2021” Digelar, Malra Harus Capai Level Tinggi

Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Fillips Lodwick Rahantoknam membacakan sambutan Bupati Maluku Tenggara pada pembukaan Open Turnamen Futsal dan Bola Voly Bupati Cup 2021 di Lapangan Makodim 1503 Tual, Rabu (1/12/2021). Dok: Akun Facebook AF. 

Penulis/Editor: Gerry Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Kompetisi Futsal dan Bola Voly bertajuk Open Turnamen Bupati Cup 2021 di Kabupaten Maluku Tenggara, resmi telah dimulai pada Rabu (1/12/2021) di lapangan Makodim 1503 Tual/Langgur.

Turnamen ini diprakarsai oleh Pengurus Cabang Olahraga Futsal dan Bola Voly Kabupaten Maluku Tenggara. Adapun kompetisi diikuti oleh sejumlah tim, kelompok U-19.

Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Fillips Lodwick Rahantoknam, mewakili Bupati Malra M Thaher Hanubun membuka gelaran turnamen tersebut.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Rahantoknam, Thaher Hanubun berharap generasi muda Malra dapat menampilkan potensi diri di bidang olahraga. Terlebih dalam hal membangun rasa sportifitas dan solidaritas antar sesama pencinta olahraga.

Bupati menjelaskan esensi dasar dari sebuah penyelenggaraan kompetisi atau turnamen olahraga adalah untuk mencari dan menemukan potensi-potensi atlit dibidangnya.

Disisi lain kompetisi atau turnamen olahraga lebih bermakna solidaritas dan atau upaya menjalin persaudaraan bagi pihak-pihak yang berkompetisi.

“Kompetisi tidak hanya berarti lomba, kompetisi secara substansial adalah sebuah pandangan sosial untuk menumbuh kembangkan jiwa solidaritas dan sportifitas. Sportifitas menunjukan seberapa besar nilai kedewasaan kita. Seseorang yang sportif dalam sebuah kompetisi, ia akan menjadi panutan bagi sesamanya,” ujar Thaher.

Dalam banyak pengalaman, lanjut kata Thaher bahwa untuk mencapai sportifitas maka hal paling utama yang mesti ditempuh adalah pengendalian diri dari emosi.

“Jauhkan diri anda dari emosi yang berlebihan. Tidak ada kemenangan atau pun kekalahan dalam kompetisi ini, yang ada adalah seberapa besar kita dewasa dalam melihat kemenangan dan kekalahan,” pesan mantan Guru Olahraga pada SMA Negeri 11 Jakarta itu.

“Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Hanya waktu dan kerja keras yang akan merubah kekalahan menjadi sebuah kemenangan. Jadilah pemenang sejati. Untuk menjadi seorang pemenang sejati, maka menangilah diri anda sendiri terlebih dahulu,” tambah dia.

Atas inisiatif Pengurus Cabang Olahraga Futsal dan Bola Voly Kabupaten Malra menyelenggarakan kompetisi Bupati Cup 2021, Pemda memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

“Dengan adanya club-club Futsal maupun Bola Voley di Malra, telah membuktikan bahwa di tanah Kei terdapat banyak potensi-potensi olahragawan yang dapat diandalkan,” kata Thaher.

Capai Level Tinggi

Bupati mengungkapkan Pemerintah Daerah kini tengah fokus mengembangkan beberapa cabang olahraga. Diantaranya cabang atletik, dayung, bola kaki, bola voly, futsal, tinju, bulu tangkis, karate, taekwondo serta cabang olahraga prestasi potensial lainnya.

Pemda Malra menargetkan melalui upaya ini dapat membawa kembali nama besar Maluku Tenggara ke level yang lebih tinggi.

Seiring itu, Thaher pun meminta setiap Pengurus Cabang olahraga sebagaimana disebutkan agar perlu menyiapkan strategi pengembangan dalam bentuk Road Map pengembangan olahraga pada masing-masing cabang.

“Dulu kita punya Agus Ngamel, Atlit Lari yang disebut manusia tercepat Asia Tenggara. Kenapa sekarang kita tidak punya lagi Agus Ngamel yang lain,” beber dia.

Bupati meyakini Maluku Tenggara sejatinya memiliki atlit-atlit berprestasi seperti Agus Ngamel. “Kita punya potensi hanya mungkin persoalan salah urus,” imbuhnya.

Ia lantas menyatakan transformasi ohlaraga di bumi Larvul Ngabal sudah harus dimulai dari sekarang. “Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita, siapa lagi?” seru Thaher.

“Mari kita sama-sama membangun masa depan olahraga Maluku Tenggara yang lebih baik. Ingat, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jiwa yang Kuat akan membentuk karakter tangguh yang dapat menghantarkan Maluku Tenggara lebih hebat,” pungkas Bupati.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar