Marrin News

Ratusan Peserta SKD CPPPK Guru di Malra Jalani Rapid Antigen Gratis

Salah satu peserta SKD CPPPK Guru di Maluku Tenggara tengah menjalani pemeriksaan Covid-19 dengan metode rapid tes antigen di lokasi Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara, Sabtu (11/9/2021). Sumber foto: Ghege. 

Penulis/Editor: Ghege Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com – Sebanyak 151 peserta seleksi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK) Guru di Kabupaten Maluku Tenggara, pada Sabtu (11/9/2021) telah menjalani rapid tes antigen Covid-19 secara gratis.

Fasilitas layanan rapid tes antigen gratis untuk CPPPK Guru yang akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) tahap pertama, berlokasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Pemeriksaan berlangsung kurang lebih 5 jam, sejak pukul 14.00 hingga 18.00 WIT.

Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Malra Muhamad Zein Kabakoran menjelaskan, ke-151 peserta SKD CPPPK Guru tahap pertama ini merupakan guru honorer SD dan SMP negeri se Kabupaten Maluku Tenggara.

“Untuk peserta seleksi CPPPK Guru SMA/SMK menjadi tanggung jawab pihak cabang Dinas Pendidikan Menengah Provinsi Maluku,” ujar Kabakoran kepada Wartawan saat ditemui di pelataran Dinas Kesehatan Malra, Sabtu (11/9/2021).

Zein Kabokaran menyebut, pelaksanaan SKD tahap pertama bagi CPPPK Guru di Malra akan dimulai pada 13 sampai 15 September 2021, berpusat di lokasi persekolahan SMP Karel Sadsuitubun Langgur.

“Hari senin (13/9/2021) nanti tes SKD tahap pertama untuk CPPPK Guru SD/SMP negeri sudah dimulai, sehingga hari ini semua peserta sudah harus menjalani pemeriksaan rapid antigen Covid-19,” kata Zein.

Sementara untuk SKD tahap kedua bagi CPPPK Guru dari lembaga pendidikan swasta, lanjut kata dia, akan dilaksanakan pada bulan Oktober nanti.

“Untuk tanggal pelaksanaannya masih menunggu keputusan dari Kementerian,” imbuhnya.

Kabakoran memastikan seluruh peserta seleksi CPPPK Guru yang ber-KTP Maluku Tenggara yang menjalani rapid tes antigen, tidak dikenakan biaya atau gratis.

Hal itu sesuai kebijakan Bupati Malra Muhamad Thaher Hanubun sebagaimana tertuang dalam Pengumuman Nomor 781/08 Tahun 2021 tentang pembebasan biaya swab RT PCR atau rapid tes antigen bagi peserta seleksi calon ASN Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2021

“Baik untuk CPPPK maupun CPNS yang berdomisili Maluku Tenggara digratiskan biaya rapid tes antigen,” imbuhnya.

Kabokaran menerangkan, setiap peserta seleksi Guru ASN PPPK di Malra wajib mengikuti rapid tes antigen sebagai syarat untuk mengikuti SKD.

Ketentuan ini, kata dia, sudah tertuang dalam lembaran pengumuman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,  Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 5001/B/GT.01.00/2021.

Terpantau Marrinnews.com, para peserta CPPPK Guru Malra terlihat begitu antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan Covid-19 gratis tersebut.

Salah satu peserta seleksi CPPPK Guru, Enjel Dangeubun tampak senang bisa mengikuti rapid tes antigen gratis yang disediakan Pemkab Malra ini.

“Sangat bersyukur, saya tidak lagi harus mengeluarkan biaya untuk rapid tes antigen ini karena sudah ditanggung Pemerintah Daerah Malra,” ujar Enjel.

Enjel mengaku belum mengikuti vaksinasi Covid-19. Namun, menurut dia bahwa tidak ada ketentuan yang mengharuskan hal itu bagi peserta SKD PPPK Guru.

“Yang terpenting adalah hasil rapid tes antigen atau swab PCR, termasuk kartu peserta dan KTP yang akan kami tunjukan kepada panitia seleksi pada hari pelaksanaan SKD nanti,” kata dia.

Sementara itu, terdapat sejumlah peserta SKD CPPPK Guru tahap pertama belum menjalani rapid tes antigen.

Berdasarkan keterangan pihak Dinas Kesehatan Malra, layanan pemeriksaan akan kembali dibuka pada Minggu (12/9/2021) siang.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar