Marrin News

Bupati Thaher-Wabup Petrus Kompak Kenakan Baju Adat Kei di Upacara HUT Ke-77 RI

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun (depan) dan Wakil Bupati Petrus Beruatwarin (belakang kiri ) tampak mengenakan mengenakan busana adat Keinginan pada Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 RI di Lapangan Upacara Kantor Bupati, Rabu (17/8/2022). Sumber foto: Diskominfo Malra

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun mengenakan pakaian adat dari Kei saat mengikuti upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI di Lapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tenggara, Rabu (17/8/2022)

Tak hanya Bupati, Wakil Bupati Petrus Beruatwarin, Sekretaris Daerah Ahmad Yani Rahawarin, Ketua DPRD Minduchri Koedoeboen dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah, ASN/PNS hingga forkopimda juga mengenakan baju daerah.

Baju adat yang dikenakan Bupati Thaher dan Wabup Petrus berbentuk beskap atau jas tutup berwarna merah terang dengan dipadu ornamen berwarna kuning mas metalik.

Pada bagian bawah, dua pimpinan daerah di Bumi Larvul Ngabal itu kompak mengenakan celana panjang berwarna hitam. Tak ketinggalan tutup kepala berbentuk lancip dengan ornamen berwarna kuning mas metalik.

Dalam upacara kali ini pula, Bupati dan Wakil Bupati didampingi pasangan (Isteri) masing-masing dengan mengenakan busana adat Kei berwarna merah sepadan. 

Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara saat mengikuti Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta secara virtual. sumber foto: Diskominfo Malra

Busana adat Kei senada juga dikenakan Bupati dan Wakil Bupati saat mengikuti upacara penaburan bunga di Taman Makam Pahlawan Rudira Jaya, hingga Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta yang diikuti secara virtual.

Momen pengibaran Bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan HUT ke 77 RI di Lapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tenggara. Sumber foto: Diskominfo Malra

Bendera Merah Putih Sukses Dikibarkan

Bendera Merah Putih sukses dikibarkan dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tenggara, jalan Abraham Koedoeboen Langgur.

Bendera itu dikibarkan oleh tiga orang dari Kelompok 8 Tim Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Tiga orang itu adalah Joseph Shevcenco Malindir dari SMA Sanata Karya Langgur selaku pembentang bendera, Edoardus Daniel Lefteuw dari SMK Negeri 2 Maluku Tenggara sebagai pengerek bendera, dan Fransiskus Angelo Ruban dari SMK Siwa Lima Langgur sebagai pengibar bendera.

Bupati Muhammad Thaher Hanubun menyerahkan bendera Merah Putih kepada Maria Kristina Gerarda sesaat sebelum bendera dikibarkan. Sumber foto: Diskominfo Malra

Sebelum dikibarkan, bendera Merah Putih tersebut lebih dulu diserahkan Bupati Thaher Hanubun kepada pembawa baki bendera yakni Maria Kristina Gerarda Rentanubun, siswi perwakilan SMA Sanata Karya Langgur.

Disamping itu, Komandan Upacara adalah Letda Laut. Danuk. Sementara Komandan Kompi Paskibra yakni Letda Laut. Yuli Nur Iksan.

Dua sosok komandan pada upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi RI di Kabupaten Maluku Tenggara ini merupakan anggota satuan TNI Angkatan Laut Tual yang bertugas pada Pangkalan TNI AL Tual.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar