Marrin News

Jejak Rio Steven Dumatubun, Sang Juara SUCI IX

Rio Steven Dumatubun. Sumber: YouTube Kompas TV

Penulis : Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Ajang komedi Kompas TV bertajuk Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) season IX akhirnya menemukan juara baru pada Jumat (7/5/2021).

Rio Steven Dumatubun sukses meraih gelar juara setelah bersaing mengalahkan Putra Ternate Maluku Utara, Ali Akbar di panggung Grand Final.

Diatas panggung malam Grand Final saat itu, Rio dan Ali ditantang untuk standup dengan tema ‘Juara' dan ‘Best of Me'.

Selain tema dari para juri itu, Rio juga tampil begitu ciamik  dengan membawakan standup ciri khas profesinya  ‘Ga Akrab Sama Sekuriti Google'. Rupanya penampilan Rio itu mampu menyedot perhatian juri.

Alhasil, Rio mampu mengungguli Ali Akbar dengan poin 520. Sedangkan Ali mendapatkan poin 500.

Kesuksesan Rio menjadi juara di ajang tersebut mengundang rasa penasaran publik tentang bagaimana sosoknya.

Berikut beberapa fakta tentang Rio Steven Dumatubun, pemenang Stand Up Comedi Indonesia musim kesembilan:

Turunan Kei-Jawa

Rio Steven merupakan pria berdarah Kei-Jawa, kelahiran Semuli Raya Lampung Utara. Ia lahir pada 17 April 1985 dari pasangan orang tua berlatar belakang berbeda.

Ayah Rio, Carolus Dumatubun adalah penganut agama Katolik yang berasal dari desa Langgur Kepulauan Kei, Maluku Tenggara, Maluku. Sedangkan Ibu Rio, Eni Martin adalah Perempuan Jawa Muslim.

Rio kemudian menikah dengan salah seorang perempuan Jawa bernama Sari Sumartini. Kini, mereka telah dikaruniai sepasang anak, Bob Wellson Dumatubun (13) dan Dia Carissa Putri (2).

Berprofesi Satpam

Rio Steven dalam kesehariannya berprofesi sebagai seorang Satpam.

Sebelumnya, Rio merantau dari kampung halamannya di Kepulauan Kei ke Jakarta pada awal tahun 2005 dan kemudian mengikuti pendidikan satpam. Rio beberapa kali sempat pindah-pindah tempat tugas, namun saat ini ia aktif menjadi satpam di salah satu bank di daerah Jakarta Barat.

Sumber: YouTube Kompas TV

Bakat Pelawak

Bakat alami nan natural sebagai seorang pelawak, ternyata mampu menggiring langkah Rio untuk bergabung dengan komunitas Stand Up Indonesia Jakarta Barat.

Diketahui pula, Rio memiliki sebuah grup stand up bernama Sohibul Diksi. Grup ini memiliki ciri khas membawakan diksi yang unik saat melakukan stand up comedy.

Siapa sangka, bakat sebagai pelawak mampu menghantarkan Rio Steven Dumatubun mengukir sejarah dalam dunia standup comedy. Rio menjadi satpam pertama yang menjuarai ajang komedi bergengsi SUCI.

Menariknya juga, bertepatan  dengan momentum juara yang diraih Rio, Istrinya tengah merayakan hari ulang tahunnya yang ke 39. Lantas, hadiah uang tunai Rp50 Juta dan 1 unit mobil yang didapatkannya, ia persembahkan buat istri tercintanya itu.

Selain uang dan mobil, Rio juga diberikan kontrak ekslusif dari Komika serta berkesempatan untuk mengadakan ‘Special Show'.


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar