Marrin News

Bupati MTH Sebut Ada Sejumlah Proyek Strategis Tahun 2021 di Kecamatan Hoat Sorbay

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun memberikan arahan pada kegiatan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Hoat Sorbay yang digelar di Ohoi/Desa Tetoad, Senin (15/2/2021). FOTO: Ghege

Langgur, Marrinnews.com - Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun mengatakan, terdapat sejumlah proyek strategis yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Hoat Sorbay dalam tahun 2021.

Beberapa proyek tersebut, sebut Thaher, berupa pembangunan sarana infrastruktur. 

Diantaranya; penataan pelataran Kantor Camat Hoat Sorbay, rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta perabotnya, pembangunan talud pengaman pantai, pemasangan lampu PLTS dan pemasangan penerangan jalan di lokasi rumah ibadah. 

Selanjutnya, rekonstruksi atau peningkatan kapasitas struktur jalan di ruas Semawi- Warwut, pembangunan jalan hotmix ruas jalan Ohoi Dian Darat, pembangunan rumah dinas Guru dan pembangunan jalan usaha tani.

"Ada juga beberapa paket kegiatan lainnya yang berasal dari aspirasi DPRD," ungkap Bupati Thaher Hanubun saat mengikuti Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan di Ohoi Tetoad, Kamis (15/2/2021). 

Mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku ini menambahkan, dalam tahun 2021 ini juga ada tiga desa di wilayah Kecamatan Hoat Sorbay mendapatkan bantuan hibah pembangunan sarana ibadah. Adapun ketiga desa itu adalah Evu, Dian Pulau dan Arso. 

Untuk desa Evu, Pemda Malra mengalokasikan bantuan hibah pembangunan Gereja Katolik Santo Antonius Padua, dengan nilai anggaran sebesar Rp. 850.000.000.

Sedangkan di desa Dian Pulau diperuntukan untuk pembangunan Masjid, dengan besaran dana Rp. 2,5 Milyar. Dan pembangunan Gereja Katolik Arso senilai Rp. 100.000.000.

"Saya harapkan kepada Panitia Pembangunan dan atau rehab rumah ibadah untuk dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya, sehingga pembangunan dapat secara segera dirampungkan," ujar Thaher. 

Sektor Potensial di Hoat Sorbay

Bupati Thaher Hanubun mengungkapkan, fokus pembangunan yang menjadi prioritas daerah Maluku Tenggara pada tahun-tahun 2022 nanti adalah pemulihan sosial ekonomi, serta peningkatan kapasitas infrastruktur.

"Fokus ini untuk menjawab ketahanan daerah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Termasuk Kecamatan Hoat Sorbay sebagai kecamatan dengan potensi pengembangan yang sangat besar," kata dia. 

Menurut Hanubun, Kecamatan Hoat Sorbay  adalah salah satu kecamatan dengan prospek pengembangan yang sangat baik. "Sektor potensial di kecamatan ini antara lain, perikanan, pariwisata dan pertanian," sebut MTH. 

Bupati menegaskan, dalam hubungan dengan upaya pemulihan sosial dan ekonomi, sektor-sektor produktif di Kecamatan Hoat Sorbay harus dapat dioptimalkan untuk mendorong peningkatan taraf hidup masyarakat.

"Pengelolaan perikanan tangkap dan budidaya harus dikembangkan berbasis budaya lokal. Hal ini tentu memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Begitu juga dengan sektor pertanian, dan sektor pariwisata yang sangat didukung kondisi alam yang asri dan alami," jelas Thaher. 

Seiring hal tersebut, Hanubun menginginkan agar ada dukungan dari masyarakat. Kendati demikian, ia mengungkapkan, masalah ketersediaan lahan kadang masih menjadi penghambat. 

"Penolakan, sasi dan masalah lainnya harus dihilangkan. Jika ada masalah, mari duduk bersama dan dibicarakan secara baik untuk mendapatkan solusi terbaik," pinta Bupati. (Ghege) 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar