Marrin News

Plt. Kadinkes Tual: Efek Suntikan Vaksin Sinovac Masih Relatif Aman dan Baik

Penyimpanan Vaksin Sinovac

Tual, Marrinnews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tual telah mengambil langkah konkret dengan menyimpan Vaksin Sinovac yang baru tiba dalam instalasi farmasi berstandar yang ditempatkan di lantai 2 Gedung Dinkes Tual.

“Untuk Kota Tual kami tetap simpan (Vaksin Sinovac) di Kantor Dinas Kesehatan, langkah ini kami ambil dalam rangka kebijakan supaya kami memiliki akses lebih cepat dalam hal pemanfaatan vaksin ketika distribusi ke Puskesmas, bahkan kebutuhan-kebutuhan tertentu,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Plt. Kadinkes) Kota Tual, drg. Max Tinggogoy kepada awak media di Kantor Dinkes Tual, Rabu (28/01/2021) sore.

Dokter Max menegaskan, proses vaksinasi di Kota Tual akan dilaksanakan sesuai ketentuan yang ada dan petunjuk dari Dinkes Provinsi Maluku. Ia menjelaskan, penyuntikan vaksin pertama akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Maren, sementara waktunya akan segera ditentukan.

“Kami sekarang ini akan melakukan koordinasi dengan Bapak Wali Kota secara khusus supaya kami dapat kurang lebih 10 orang dari pejabat publik yang memiliki kapasitas yang benar sehat itu kiranya bergabung dengan tenaga kesehatan untuk melakukan penyuntikan pertama,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sejumlah pejabat penting di Kota Tual tidak dapat divaksinasi karena merupakan para penyintas Covid-19. Para pejabat tersebut antara lain Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD.

Plt. Kadinkes kembali mengingatkan bahwa masing-masing penerima vaksin akan disuntik sebanyak dua kali dengan jangka waktu 14 hari sejak suntikan pertama. Sasaran pertama dari proses vaksinasi tersebut, lanjutnya, adalah para tenaga kesehatan dan seterusnya diharapkan semua masyarakat Kota Tual dapat menerima vaksin.

“Dan saya mau pesan dari tempat ini bahwa sampai saat ini semua tenaga kesehatan (di seluruh Indonesia) yang hampir sudah sekitar 170 ribu (yang disuntik vaksin), laporan terakhir, efek terhadap suntikan vaksin sinovac itu masih relatif aman dan baik,” pungkasnya. (Nick)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar