Marrin News

Adam Rahayaan Wali Kota Inovatif dan Merakyat

Akses Jalan Warga Kompleks Fidatbal Desa Tual Dulu


Tual, Marrinnews.com- Kepala daerah memiliki peran penting dalam melakukan terobosan guna membangun daerahnya melalui inovasi–inovasi didaerah.Tercatat, Walikota Tual Adam Rahayaan pernah menjadi salah satu penerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) di bidang pembangunan pemukiman dan perumahan yang diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada 2017 lalu.

Predikat tersebut lantas tak membuatnya berhenti sampai disitu, dalam blusukannya pada Maret 2020 di Desa Tual tepatnya di kompleks fidatbal ia menemukan 2 rumah tak layak huni serta akses jalan yang sangat kumuh dipemukiman warga tersebut, karena selain curam juga berbatuan ditambah lagi sedikit berlumpur sehingga pada musim hujan jalannya sangat licin dan sangat membahayakan aktifitas bagi warga sekitar.
Akses Jalan saat ini

Melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman sebanyak 300 rumah dan akses jalan diintervensi pada tahun 2020 untuk diubah menjadi kawasan layak huni diantaranya di Kompleks Yerfuan, Fidabot dan Kiom.

"Termasuk 2 rumah serta jalan yang barusan kita lewat, dimana waktu blusukan pada bulan maret 2020 lalu saya temukan rumahnya serta akses jalannya sangat tak layak," Ujar Walikota Tual Adam Rahayaan yang didampingi Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge usai menggelar kunjungan kerja di kompleks fidatbal dan Ohoi Kafir Desa Tual, Senin (22/06/2020) Sore.

Rumah Warga Dulu
"Saya sangat puas walaupun kini salah satu pemilik rumah yaitu Saiban Tamher telah meninggal dunia," Tambahnya.

Kini, Dirinya berencana membuat akses jalan bagi kendaraan ke kompleks Ohoi Kafir dari arah pelabuhan Tual melalui intervensi anggaran DAK Integrasi Tahun 2021.

Rumah Warga Kini
"Kini kita persiapkan untuk DAK integrasi dimana Kota Tual telah masuk nomimasi peringkat 10 besar se Indonesia, sehingga saat ini kita lagi jajaki akses jalan bagi kendaraan yang tembus ke atas (ke Kompleks Ohoi Kafir)," Ungkapnya.

Hal ini menurutnya merupakan sebuah kebutuhan warga di Ohoi Kafir khususnya bagi yang lansia dan hamil tua, mengingat apabila ada yang sakit mendadak atau mau melahirkan sangat terbebani sekali karena akses jalan yang sangat tak memungkinkan.
Saat meninjau Akses jalan ke Ohoi kafir

"Apabila mau evakuasi pasien ke rumah sakit, warga sangat kesulitan, maka ini kita sementara jajaki kira kira mau dibuat bagaimana agar ada akses jalan ke atas," Ujarnya

"Kita mungkin akan mengundang beberapa pihak, kalo memang harus ada pembebasan lahan maka akan kita bebaskan, langkah ini semata mata agar akses jalan ke atas bisa lancar," Jelasnya.

Ikut dalam kunjungan kerja, Sekda Kota Tual A Yani Renuat S.Sos bersama kepala OPD dan staf ahli. (MN_86).



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar