Marrin News

Walikota : Kolaborasi Jadi Strategi Pengentasan Kemiskinan

Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si saat memberikan arahan kepada penerima Rumah Khusus Bagi Nelayan Di Desa Ohoitel pada sabtu (22/02/2019).


Tual, Marrinnews.com.- Selain pengentasan Rumah Kumuh dengan Pogram Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Pemerintah Kota Tual melalui kolaborasi antar Dinas dengan membagi habis semua Dinas pada desa yang  menjadi desa binaanya diharap bisa menjadi konsep dalam pengentasan kemiskinan.

 “ Pemerintah daerah tidak diam, tidak rela untuk masyarakatnya hidup dalam keadaan merana dan merinti, sebagai pimpinan pasti setiap saat berpikir Bagaimana masyarakat untuk bisa keluar dari garis kemiskinan,” Ujar Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag M,Si saat penyerahan Rumah khusus bagi nelayan Desa Ohoitel dan Tamedan sabtu (22/02/2019).
Guna mengkongkritkan rencana tersebut kini Kabag Hukum sedang menggodok SK sambungnya, terutama bagi 5 (lima) Dinas yang mengelola dana pemberdayaan diantaranya Dinas PUPR, Perindustrian Perdagangan Dan Koperasi, Perikanan, Pariwisata dan Pertanian yang akan dibagi ke beberapa Desa.

“ jadi ini terus ada kesinambungan, kolaborasi antara dinas dengan dinas contoh Dinas perkim bikin rumah,  dinas perikanan bikin apa,  pertanian bikin apa,  koperasi bikin apa jadi kita keroyok masyarakat itu,” Paparnya.

Setelah rumah perlahan mulai diatasi selanjutnya melalui dana pemberdayaan yang ada pada Dinas kita bantu masyarakat yang disesuaikan dengan produksi masyarakat.

“buat apa rumah bagus tapi mereka tidak punya mata pencarian dan penghasilan sama juga kita atasi kemiskinan menuju kepada kemiskinan yang lain,” Jelasnya.

Keberadaan Dinas didesa diharapkan dapat memberikan pembinaan serta mengawal semua bantuan yang turun melaui bantuan pemberdayaan, Pada Desa binaan Kepala bidang dan kepala seksi akan berada dilapangan setiap harinya agar bisa mendampingi masyarakat sesuai dengan latar belakang objek mata pencaharian masing masing.

“ ini nelayan ya nelayan, jangan sudah dapat bantuan nelayan dapat lagi bantuan pertanian kan kasian yang lain hanya jadi penonton,” Ujarnya.

Diyakininya dengan konsep ini setiap tahunya akan ada pengurangan angka kemiskinan Di Kota Tual. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar